10 Nyawa Melayang Selama Arus Mudik dan Balik di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Sedikitnya 10 nyawa melayang selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2014 di Subang. Hal itu di ungkapkan oleh Kapolres Subang AKBP Chiko Ardwiatto, Minggu (3/8/2014) kemarin.

Selengkapnya Kapolres merinci selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini tercatat ada sebanyak 13 kejadian kecelakaan yang terjadi dijalur Subang. Akibat kejadian tersebut 10 nyawa melayang, 11 orang mengalami luka berat dan 18 diantaranya mengalami luka ringan dengan kerugian material ditaksir 32 juta rupiah. Rincian ini menunjukkan adanya penurunan jumlah kecelakaan dan korban yang signifikan dibanding tahun lalu.

“Kita mencatat jumlah peristiwa kecelakaan selama arus mudik dan balik dari mulai H-7 sampai H+6 menurun sebanyak 20%. Sedangkan untuk jumlah korban kecelakaannya menurun sebanyak 18% jika dibandingkan dengan tahun 2013,” kata Chiko Ardwiatto.

Chiko juga mencatat jalur paling rawan dan paling sering terjadinya kecelakaan selama arus mudik dan arus balik ditahun ini masih didominasi di jalur Pantai Utara (Pantura) Subang, disusul jalur selatan dan jalur tengah.

tanjakan emen 1

“Memang hampir setiap tahun jalur Pantura selalu mendominasi untuk hal jumlah pristiwa kecelakaan, tahun ini juga sama, disusul jalur selatan dan tengah,” tuturnya.

Menurut Chiko menurunnya jumlah kecelakaan yang signifikan dibanding tahun lalu dikarenakan adanya pergelaran pasukan dan patroli roda dua oleh anggota kepolisian di sepanjang titik rawan kecelakaan. Pendukung lainnya, yakni lampu rotator menyala dan pemasangan spanduk imbauan, patroli roda empat, serta public speaker.

“Kita sudah kerahkan semua personil untuk melakukan upaya-upaya pengamanan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dan hasilnya Alhamdulillah bisa menurun,” pungkasnya.