Tari Laskar Pelangi Meriahkan Subang Carnival 2012

Anak-anak menari seperti pada film Laskar Pelangi serta pawai kendaraan hias menambah kemeriahan Subang Carnival 2012. Keseruan acara yang menjadi puncak HUT ke-64 Kabupaten Subang ini pun menarik perhatian wisatawan dan warga. Seru!

Puncak peringatan HUT ke-64 Kabupaten Subang, Sabtu (21/4/2012) terlihat sangat meriah dengan diadakannya Subang Carnival 2012. Pagi itu, ribuan orang memadati Jl Oto Iskandardinata, Subang, Jawa Barat.

Jalan yang jalur arak-arakan kirab budaya dan pawai kendaraaan hias ini memang lebih ramai daripada hari biasanya. Para wisatawan yang saat itu sedang berkunjung ke Subang sangat antusias menanti dan mengikuti acara sampai selesai.

Pembukaan acaara di sambut dengan adanya puluhan kendaraan hias yang berasal dari berbagai instansi pemerintahan, kecamatan, dan desa di Kabupaten Subang. Semuanya turut ambil bagian dalam acara yang berlangsung dalam suasana seru.

Kendaraan-kendaraan hias tersebut menunjukkan potensi dan keunikan wilayah atau instansi masing–masing. Kendaraan hias dari wilayah Pantura misalnya, menunjukkan potensi kelautannya dengan membuat kendaraan hias berupa perahu nelayan. Lain lagi dengan peserta yang berasal dari Subang bagian selatan, berbagai macam buah-buahan, bunga, dan hasil tani yang menjadi andalan daerah tersebut menghiasi kendaraan yang mereka bawa.

Sementara itu, ribuan pelajar, seniman, dan masyarakat lainnya juga ikut andil dalam arak-arakan yang menunjukan potensi seni dan budaya wilayah Subang tersebut. Selain seni Sisingaan yang menjadi kesenian khas daerah Subang, kesenian lainnya pun turut memeriahkan acara tersebut, seperti tari Jaipong, kuda lumping, permainan angklung, dan penampilan marching band dari para pelajar yang ikut memeriahkan acara tersebut.

Namun, di lain sudut para penoton yang menyaksikan keseruan Subang Carnival 2012 dikejutkan oleh pengisi acara yang menggunakan kostum lucu dan melakukan atraksi seni yang unik. Mereka adalah segerombolan anak-anak yang menggunakan kostum dan melalukan atraksi layaknya di film Laskar Pelangi yang tentu saja mengundang gelak tawa para penonton.

Kemeriahan acara yang berlangsung sekitar 4 jam ini semakin menjadi-jadi ketika mereka yang datang memperebutkan berbagai hasil bumi yang digunakan untuk menghias kendaraan oleh penonton. Anak kecil, orang tua dan wisatawan yang sedang berkunjung pun tak ketinggalan ikut serta merebut berbagai buah–buahan dan hasil bumi yang menghiasi kendaraan peserta pawai.

Suka cita kemeriahan carnival ini tidak berakhir sampai di sini. Berbagai perlombaan dan atraksi seni lainnya masih terus digelar untuk memeriahkan HUT Kabupaten Subang. Untuk selanjutnya akan diadakan pertunjukkan wayang golek, perlombaan seni tradisional, pameran foto dan lukisan, bazaar, serta masih banyak lagi acara lain yang tak kalah seru.

Penasaran dengan kemeriahan acara Subang Carnival 2012? Anda masih bisa melihat secara langsung dan ikut dalam acara ini. Tentu saja, karena Subang Carnival 2012 masih terus berlangsung dan berakhir pada Kamis (10/5/2012) nanti.

(dtk/budiana)