Serunya Proses Memotret Bersama Komunitas Lubang Jarum (KLJI) – Subang

Perlengkapan Kamera Lubang Jarum

KOTASUBANG.com, Subang – Hobi memotret tapi tidak punya kamera? Jangan khawatir, anda bisa membuat kameranya sendiri! Caranya? Silahkan gabung dengan Komunitas Lubang Jarum. Dalam komuitas ini bukan hanya melihat bagus atau tidaknya hasil foto, lebih dari itu anda akan menikmati keseruan berproses, mulai dari mebuat kamera hingga mencetak hasil foto di kamar gelap.

Apakah itu kamera lubang jarum?

Kamera Lubang Jarum adalah sebuah metode perekaman dasar dalam ilmu fotografi. Kamera ini bekerja berdasarkan prinsip dasar teori optis yang dimana sebuah ruang gelap yang memiliki sebuah lubang kecil digunakan untuk memproyeksikan benda dengan bantuan cahaya. Prinsip dasar atau metode ini pun digunakan pada semua jenis kamera (DSLR, SLR, Pocket, dsb.), hanya saja di kamera lubang jarum tidak menggunakan sensor digital untuk merekam gambar, melainkan dengan menggunakan kertas foto atau pun roll film.

Perlengkapan Kamera Lubang Jarum
Perlengkapan Kamera Lubang Jarum

Salah satu Komunitas yang memfokuskan diri mereka pada Fotografi Lubang Jarum ini adalah Komunitas Lubang Jarum Indonesia (KLJI). Komunitas ini adalah salah satu komunitas terbesar di Indonesia, terbukti dengan 38 regional lebih komunitas yang terbentuk, salah satunya adalah KLJI – Subang.

KLJI – Subang terbentuk karena sebuah kekhawatiran akan hilangnya ‘keseruan dalam berproses’ pada anak-anak di Kota Subang. Mengingat kecanggihan era digital zaman sekarang yang tidak bisa kita tolak karena sebuah kebutuhan masa kini. Semakin canggih sebuah alat maka akan semakin menghilangkan ‘Bagian Berproses’ pada si pengguna yang akhirnya akan mengikis minat si pengguna untuk belajar untuk mengenal lebih dalam alat yang digunakan nya tersebut, salah satunya adalah Kamera.

Dengan hadirnya KLJI di Kota Subang, Komunitas ini menaruh perhatian pada aspek pendidikan, seni proses dan ingin mengingatkan pada semua orang (terutama anak muda), bahwa fotografi itu tidak hanya bicara soal alat dan tekhnik yang lebih menjurus kepada Kamera Digital.

kjli
Sebagian Anggota KLJI Subang (Foto by : Mahyudi)

Dalam fotografi pun kita bisa mendapatkan banyak hal seperti: kreatifitas saat membuat kamera, meng-imajinasikan karya seperti apa yang ingin dihasilkan, kesabaran saat memotret & mencuci film di kamar gelap, perjuangan untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan dantentunya adalah seni dalam berproses yang sudah jelas tergambar pada bentuk kamera yang terlihat sangat sederhana dan jauh dari kata sempurna.

Saat ini KLJI – Subang sudah memiliki anggota aktif sekitar 40 orang. Kegiatan rutin kita adalah workshop membuat kamera lubang jarum, memotret dengan kamera lubang jarum dan juga proses develop di kamar gelap yang kit aadakan satu-dua bulan sekali. (Arie Haryana)

Berminat bergabung bersama kami? Ikut free workshop nya dengan mengikuti informasi kita di:
Twitter     : @KLJI_Subang
Facebook: https://www.facebook.com/groups/KLJISubang/

Berita Terkait: