Oncom Dawuan, Dari Kampung Hingga Manca Negara

“Oncom Dawuan, Oncom ti Subang
kakoncara kawentar satatar sunda.. “

KOTASUBANG.com, Dawuan – Penggalan bait lagu karya kang Uteng tersebut menggambarkan bagaimana oncom Dawuan sebagai kuliner tradisional sudah tersohor di tatar sunda. Sesuai namanya oncom ini diproduksi di daerah Dawuan Subang, sekitar 10 Km arah barat pusat kota Subang.

Usaha pembuatan oncom ini mulai dirintis di daerah Dawuan sekitar tahun 60-an. Produksi kacang tanah sebagai bahan baku oncom yang melimpah di daerah ini membuat banyak warga Dawuan membuat oncom sebagai usaha sampingan. Saking banyaknya warga yang menjadi pengrajin oncom membuat satu kampung disana kemudian dinamakan kampung Babakan Oncom hingga sekarang.

Meskipun kini pamor oncom Dawuan sudah takseperti dulu, hingga kini masih banyak penggemarnya dari berbagai daearah yang datang langsung ke Dawuan untuk membeli oncom ini. Selain untuk dikonsumsi sendiri, biasanya mereka menjadikan oncom Dawuan sebagai oleh-oleh khas Subang untuk di kirim ke sanak saudaranya di berbagai daerah di Indonesia bahkan ke mancanegara. Menurut penggemarnya rasa oncom Dawuan ini khas dan berbeda dengan oncom dari daerah lainnya sehingga pantas dijadikan buah tangan khas Subang.

oncom-dawuan

Harun (65) salah satu pengrajin oncom Dawuan melakukan inovasi dengan membuat oncom kering, sehingga memungkinkan untuk di bawa dalam perjalanan jarak jauh dan tahan lama hingga berbulan-bulan. Oncom yang sudah jadi dipotong-potong dan dijemur hingga kering, kemudian oncom tersebut dikemas dalam plastik. Oncom kering ini hanya perlu direndam beberapa saat sebelum dimasak.  Soal rasa, Harun menjamin 100 % tak berubah.

Berkat inovasinya tersebut, oncom Dawuan sudah mencapai mancanegara seperti Malaysia, Brunei, Singapura, Taiwan, Hongkong dan Saudi Arabia. Awalnya oncom Dawuan dibawa keluar negeri oleh para TKI sebagai pengobat rindu masakan kampung, tak disangka banyak majikan mereka ikut mencicipi dan ketagihan, sehingga setiap pulang ke tanah air mereka selalu membawa serta oncom Dawuan ketika kembali ke luar negeri.

Lalu apakah yang membuat oncom Dawuan istimewa?

Ternyata bahan baku yang digunakan membuat cita rasa oncom Dawuan tetap terjaga. Oncom “asli” Dawuan biasanya memiliki kandungan kacang tanah yang tinggi.  Semakin tinggi kandungan kacang tanahnya, maka kualitas oncom dan rasanya semakin baik. Untuk menjaga kualitas tersebut, kacang tanah yang digunakan pun harus benar-benar terpilih dan bebas dari hama. Kualitas dan cita rasa yang terjaga itulah yang membuat oncom Dawuan banyak digemari.