Pantai Pondok Bali dan Legenda Para Wali

Bagi orang yang pertama kali mendengar pantai Pondok Bali, pasti langsung mengasumsikan pantai ini dengan pantai di Bali, padahal pantai ini terletak di ujung utara kabupaten Subang, Jawa Barat.

pondok bali subang 1
Pantai Pondok Bali, pernah jadi primadona wisata Subang tahun 80-an

Menurut legenda yang dipercaya oleh sebagian warga, nama Pondok Bali tidak ada hubungannya sama sekali dengan pulau Bali. Konon nama Pondok bali justru ada hubungannya dengan penyebaran ajaran agama Islam yang dilakukan oleh para Wali ke daerah Subang. Di tempat inilah para Wali dipercaya pernah tinggal dan melakukan musyawarah.

Nama Pondok Bali berasal dari kata Pondok yang artinya tempat tinggal sedangkan Bali berasal dari kata Wali yang berubah huruf awalnya menjadi “B”. Dahulu di tempat ini dipercaya terdapat sumur air tawar yang di buat oleh para Wali untuk ber-wudhu padahal air di daerah ini biasanya payau.

Tahun 80-an  hingga 90-an pantai Pondok Bali merupakan objek wisata favorit warga Subang dan sekitarnya. Hingga pada akhir 90-an abrasi mulai menggerus primadona wisata di pantura Subang tersebut. Hal ini membuat wilayah pantainya hilang sebagian. Abrasi ini juga sering kali merendam jalan, sehingga menyebabkan rusaknya akses jalan untuk menuju ke sana.

Tapi, abrasi yang terus melanda pantai Pondok Bali bukan berarti lokasi wisata ini ditinggalkan sepenuhnya oleh para wisatawan. Setiap akhir pekan masih banyak wisatawan yang berkunjung ke sana. Lokasi wisata ini masih menjadi favorit para pehobi mancing. Biasanya para pemancing ini memanfaatkan batu pemecah ombak untuk tempat memancing.

pondok bali subang 3
Para pemncing memanfaatkan batu pemecah obak untuk tempat memancing
pondok bali subang 2
Ombak laut pantai utara yang tenang

Di sana juga masih terdapat pantai yang bisa digunakan para wisatawan untuk berenang dan bermain air di pantai. Hamparan pasir pantai yang landai dan arus laut yang tenang membuat para pengunjung aman bermain air di sana.

Di sepanjang pantai banyak para pedagang yang menjajakan makanan ringan dan ikan bakar. Jika berkunjung kesana, cobalah menu ikan bakar favorit seperti ikan etong bakar yang khas. Coba pula nikmati es kelapa muda sambil menikmati suasana pantai utara Subang.

Lokasi wisata Pondok Bali terletak di desa Mayangan, kecamatan Legon Kulon, Subang. Untuk mencapainya, dari puasat kota kecamatan Pamanukan arahkan kendaraan anda ke utara menuju desa Mayangan.Pantai Pondok Bali Terletak di ujung jalan tersebut.

Berita Terkait: