Menikmati Indahnya Curug Cibareubeuy dan Sensasi Bermalam di Hutan

Mata air banyak terdapat di gunung dan perbukitan Subang Selatan

KOTASUBANG.com, CIATER – Hamparan sawah berundak, batu-batu raksasa di tengah sawah dan sungai-sungai berair jernih akan menemani perjalanan anda menuju curug Cibareubeuy, Subang. Sungai-sungai kecil tersebut berhulu dipuncak-puncak gunung yang mengelilingi persawahan desa Cibeusi. Salah satu anak sungai itu berhulu di gunung Karamat. Di aliran anak sungai inilah curug Cibareubeuy berada.

Curug setinggi sekitar 70 meter ini membelah tebing batu gunung Karamat. Alirannya terlihat berkelok mengikuti kontur tebing, membuat curug ini terlihat unik. Tumpahan airnya membentuk kolam kecil di bawah curug. Di kolam inilah para wisatawan biasanya bermain-main air sepuasnya.

Puas bermain air anda bisa beristirahat di saung – saung yang berada tak jauh dari curug. Saung – saung bambu beratap ijuk ini di buat oleh warga setempat bernama pak Ocid. Ia bersama istrinya membangun saung – saung untuk wisatawan di lahan kebunnya yang berada tak jauh dari lokasi curug. Saung – saung ini juga dilengkapi toilet dan mushola.

subang cibareubeuy 3 subang cibareubeuy 2

Bagi anda yang ingin mencoba sensasi bermalam di hutan, saung – saung ini juga bisa dijadikan tempat bermalam jika anda berkunjung ke curug Cibareubeuy. Pak Ocid siap menemani anda bermalam di saung – saung miliknya.

Ia beserta istri juga bisa menyediakan makan untuk anda selama menginap disana. Nasi liwet buatan bu Ocid dengan lauk ala kadarnya, akan terasa pas dinikmati ditengah alam terbuka. Coba pula lahang, air nira hasil sadapan pak Ocid dari pohon aren di sekitar hutan. Lahang ini disajikan dalam gelas terbuat dari bambu, sehingga menimbulkan sensasi tersendiri menikmatinya. Kadang, pak Ocid menemani waktu makan anda dengan iringan musik tradisonal celempung yang ia mainkan. Suara celempung yang dimainkan pak Ocid terasa syahdu berpadu dengan suara alam dan gemuruh derasnya air curug.

subang cibareubeuy 1 subang cibareubeuy 2

Curug Cibareubeuy terletak di Desa Cibeusi, kecamatan Ciater. Dari lokasi wisata Sari Ater ke desa Cibeusi hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Kemudian untuk mencapai lokasi curug anda harus berjalan kaki sekitar 1 jam dari desa Cibeusi melewati pematang sawah dan hutan. Namun anda tak perlu khawatir tersesat, karena penduduk setempat telah menandai jalur menuju curug Cibareubeuy dengan batu-batu untuk pijakan. Di beberapa tempat juga sudah dipasang papan petunjuk arah sederhana. Namun, jika anda masih belum yakin, anda bisa sring bertanya kepada para petani yang akan anda temui di sepanjang perjalanan menuju curug.

Meskipun lokasi curug cukup jauh, namun anda tidak akan bosan dalam perjalanan, suasana pesawahan yang asri dan aliran sungai jernih akan menemani perjalanan anda. Sesekali anda juga bisa beristirahat di batu-batu raksasa yang banyak terdapat di sana.

Berita Terkait: