Miris Kondisi Wisma Karya, Facebooker Subang Lakukan Aksi

55Gedung Wisma Karya sejatinya adalah kebanggaan warga Subang. Selain gedungnya sendiri merupakan benda cagar budaya peninggalan sejarah kolonial di Subang, di dalam gedungnya pun tersimpan peninggalan-peninggalan sejarah Subang yang sangat berharga. Namun sayang, gedung yang menjadi ikon kota Subang tersebut terkesan tak terawat, coretan-coretan tangan jahil menghiasi berbagai sudutnya.

Miris dengan hal tersebut, komunitas yang berawal dari media sosial, Facebooker Subang menyelenggarakan Gerakan Peduli Wisma Karya, Minggu 22 Juni 2014 kemarin. Acara tersebut diisi dengan acara bersih – bersih Wisma Karya sekaligus kopi darat dengan sesama anggotanya.

Panas terik cuaca Subang, tak menyurutkan semangat puluhan anggota Facebooker Subang yang hadir. Semua sudut halaman Wisma Karya mereka bersihkan. Ada yang menghapus coretan – coretan di tugu padi, mengecat panggung hingga membersihkan kolam di bawah tugu padi, yang ternyata di dalamnya terdapat ratusan botol bekas minuman keras.

2 4

Kegiatan yang dilakukan menandai 5 tahun berdirinya Facebooker Subang ini dilakukan dengan sukarela termasuk dana yang digunakan untuk membeli peralatan kebersihan dan cat. Semuanya mereka lakukan karena kecintaan terhadap Subang. Dengan kegiatan ini, Facebooker Subang mengajak para komunitas lain dan warga Subang pada umumnya, untuk tidak sekedar mengkritik pemerintah dan hanya berkoar-koar di media sosial. Lebih dari itu mereka mengajak untuk menggelar aksi nyata sebagai wujud kecintaan terhadap Subang.

Aksi nyata yang dilakukan Facebooker Subang bukan kali ini saja sebelumnya mereka telah melakukan berbagai kegiatan sosial termasuk membantu biaya pengobatan warga kurang mampu hingga menghimpun dana dan menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Pantura beberapa waktu yang lalu.

Berbagai kegiatan yang mereka lakukan tersebut sesuai dengan tagline komunitas mereka, “Pesbuker nu teu saukur Pesbukan”, komunitas yang tak hanya aktif di media sosial tapi juga melakukan aksi nyata untuk Subang yang lebih baik. Salut !

1fffff