Facebooker Subang, “Pesbuker nu teu saukur Pesbukan”

 

facebooker subang 6Bagi warga Subang yang tinggal di luar Subang informasi mengenai kampung halaman tentu sangat diperlukan. Selain sebagai pengobat rindu, informasi tersebut diperlukan agar mereka tak ketinggalan perkembangan Subang meskipun jauh dari kampung halaman. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut mereka biasanya berselancar di dunia maya dan aktif di jejaring sosial, seperti facebook dan twitter.

Adalah Facebooker Subang, salah satu grup di Facebook yang menjadi salah satu sumber informasi bagi mereka. Sejak berdiri tahun 2009 lalu, kini hampir 22.000 orang Subang telah menjadi pengikut grup ini. Mereka menjadikan grup ini sebagai ajang silaturahim antara sesama warga yang tinggal di Subang maupun yang sedang “ngumbara” di luar Subang termasuk yang tinggal di mancanegara melalui dunia maya.

Salah satu pendiri Facebooker Subang, Rohadian Rahmat mengatakan, selain menjadi ajang silaturahim grup ini juga menjadi media untuk warga Subang untuk saling berbagi informasi tentang Subang. Disamping itu ia juga berharap para anggota grup ini tidak hanya sekedar memberi kritik kepada pemerintah ataupun kepada pihak-pihak tertentu, tapi juga bisa berbagi pemikiran atau ide-ide sehingga bisa berguna baik untuk warga Subang maupun untuk Kabupaten Subang pada umumnya.

facebooker Subang

facebooker subang 3

Bulan Juni ini, Facebooker Subang genap berusia 5 tahun. Dalam perjalanannya Facebooker Subang tidak hanya menjadi ajang silaturahim di dunia maya, tapi sering kali mengadakan pertemuan langsung sesama anggotanya dan sesuai dengan tagline-nya “Perbuker nu teu saukur Pesbukan” komunitas ini sering kali mengadakan kegiatan sosial terjun langsung ke masyarakat, mulai dari memberi bantuan untuk pengobatan anak yang kurang mampu hingga menggalang dan memberi bantuan untuk korban banjir.

Bulan ini, untuk merayakan hari jadinya yang ke lima, Facebooker Subang berencana mengadakan kegiatan bersih-bersih bersama di pusat kota Subang yang akan diselenggarakan pada tanggal 22 Juni mendatang. Halaman Wisma Karya Subang akan menjadi target pertama untuk dibersihkan. Selain membersihkan sampah yang berserakan, akan dilakukan juga pengecatan ulang dibeberapa bagian dan pembersihan tulisan-tulisan vandalisme yang dibuat oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Dengan dilakukannya kegiatan ini diharapkan bisa menggugah komunitas lain untuk melakukan hal yang sama.

facebooker subang 5

facebooker subang 4 facebooker subang 2