2 Desa dan 2 Sekolah di Subang Raih Penghargaan Bidang Lingkungan Tingkat Nasional & Provinsi

KOTASUBANG.com, Subang – Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang Rona Mairansyah A.P, M.Si secara simbolis menerima penghargaan PROKLIM (Program Kampung Iklim) tingkat Nasional yang diraih Desa Cibeusi Kecamatan Ciater dan Desa Pasanggrahan Kasomalang dalam rangkaian Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) serta Penyerahan Penghargaan Gubernur Bidang Lingkungan Hidup “Raksa Prasada” tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2021 di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Selasa (23/11/2021).

Pemberian penghargaan yang diberikan oleh Kementerian LHK dan pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui DLH Provinsi Jabar tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada Desa Cibeusi Kecamatan Ciater dan Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Subang yang dianggap telah berhasil melakukan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim secara berkelanjutan.

Proklim adalah salah satu program berlingkup nasional berbasis pemberdayaan masyakarat di bidang lingkungan hidup. Program ini dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak dalam melaksanakan aksi lokal untuk meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim dan pengurangan emisi GRK serta memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

Adapun upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di lokasi ProKlim diantaranya dapat berupa:
– Pengendalian kekeringan, banjir, dan longsor;
– Peningkatan ketahanan pangan;
– Pengendalian penyakit terkait iklim;
– Penanganan atau antisipasi kenaikan muka laut, rob, intrusi air laut, abrasi, ablasi atau erosi akibat angin, gelombang tinggi.
– Pengelolaan sampah,limbah padat dan cair;
– Pengolahan dan pemanfaatan air limbah;
– Penggunaan energi baru terbarukan, konservasi dan penghematan energi;
– Budidaya pertanian;
– Peningkatan tutupan vegetasi; dan
– Pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu diberikan pula penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi untuk 2 Sekolah di Kabupaten Subang yaitu SMP Negeri 1 Cijambe dan SMP Negeri 2 Jalancagak. Penghargaan Adiwiyata diberikan sebagai apresiasi kepada sekolah yang mampu melaksanakan upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup secara benar, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan tersebut Kadis LH mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas diraihnya penghargaan bidang lingkungan hidup oleh Kabupaten Subang baik nasional maupun tingkat Provinsi oleh desa Cibeusi dan Desa Pasanggrahan serta SMP Negeri 1 Cijambe dan SMP Negeri 2 Jalancagak.

Dirinya menyampaikan bahwa dalam upaya untuk mengurangi Efek Gas Rumah Kaca yang berdampak pada pemanasan global, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang mengikuti Proklim (Program Kampung Iklim) dan melakukan pembinaan terhadap desa yang mengikuti program tersebut
yang penilaiannya dilakukan oleh pihak kementerian LHK. Untuk tahun 2021 yang mengikuti Proklim adalah Desa Cibeusi Kecamatan Ciater dan Desa Pasanggrahan Kecamatan kasomalang. “Alhamdulillah berkat kerjakeras semua pihak terutama pemerintahan desa dan masyarakat (desa cibeusi dan desa pasanggrahan) mendapat penghargaan Proklim utama buat desa pasanggrahan dan proklim madya untuk Desa Cibeusi Kecamatan Ciater” ujar Rona

Selain Proklim pihaknya melaksanakan pembinaan terhadap 2 sekolah untuk mengikuti Penilaian sekolah Adiwiyata atau sekolah berbudaya lingkungan tingkat propinsi dan berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi “Alhamdulillah 2 sekolah yaitu SMPN 1 Cijambe dan SMPN 2 Jalancagak” tuturnya.

Rona berharap dengan diraihnya penghargaan kedua kategori tersebut dapat meningkatkan motivasi DLH Subang untuk melaksanakan pembinaan baik ke masyarakat desa maupun sekolah-sekolah agar lebih giat dalam perlindungan maupun pengelolaan lingkungan hidup. “mudah-mudahan kedepan bisa lebih banyak lagi yang mengikuti dan mendapat penghargaan dan tentunya kondisi lingkungan hidup di wilayah Kabupaten Subang sedikit demi sedikit bisa terjaga dan terkelola dengan baik oleh semua lapisan masyarakat” Ujarnya