Festival Kopi Subang, Semangat Kopi Subang Mendunia

KOTASUBANG.com, Subang H. hadir sekaligus membuka Acara Amazing Festival Coffe Subang Jawara 2021 dalam rangka gelar produk unggulan hasil perkebunan Kabupaten Subang (Jawarakan Kopi Subang) di Alun-alun Bukanagara Desa Cupunagara Kecamatan Cisalak, Rabu (6/10/2021)

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka partisipasi Kabupaten Subang menyambut Hari Kopi Sedunia tanggal 4 Oktober serta meningkatkan pengembangan pelaku usaha pertanian sebagai binaan dari Dinas Pertanian sesuai dengan visi misi dinas pertanian yang terangkum dalam program Jawara Pakaya. Selain Kopi dalam acara tersebut disajikan pula gelar produk tembakau dan produk gula aren.

Dalam laporannya kepala Dinas Dra. Nenden Setiawati M.Si menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat atas berbagai perkembangan jenis produk, sistem pemasaran, teknologi, harga dari produk yang dipasarkan. Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan gelar produk ekspor dinas pertanian salah satunya adalah kopi, dimana kopi Subang telah menjadi komoditas ekspor ke Arab Saudi, Australia dan Korea Selatan. Selain kopi produk tembakau merupakan salah satu komoditas potensial yang sedang dikembangkan di Kabupaten Subang.

“Saat ini di Cupunagara sedang dikembangkan garapan tembakau di lahan 5-10 hektar” ujarnya Nenden

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Ir. Hendy Jatinika, M.M mengatakan bahwa potensi alam di Kabupaten Subang luar biasa mencakup dataran pantai pegunungan hutan dan perkebunan. Ia berujar bahwa Produk Subang di sektor pertanian menjadi salah satu andalan Jawa Barat.

“Untuk sektor perkebunan Subang ingin Jawarakan Kopinya, tahun lalu ekspor ke jepang dan beberapa waktu lalu berhasil ekspor ke Arab Saudi” tandasnya

Ia mengatakan sebagai bentuk dukungan, pihaknya telah memberikan bantuan dari benih hingga alat pengolahan untuk para petani Subang. Khusus Desa Cupunagara bantuan provinsi berupa kopi organik dari benih hingga bantuan domba serta bantuan pembangunan rumah pengolahan dan pengemasan kopi. Selain itu Desa Cupunagara telah dicanangkan sebagai desa wisata dan agrowisata.

“Akan dibuatkan joging track dan jalan di areal wisata perkebunan Kopi” ujar Hendy.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat sapaan akrab mengungkapkan apresiasinya kepada seluruh panitia dan peserta festival kopi dan tembakau dalam upayanya menjadikan kopi Subang khususnya kopi Cupunagara agar bisa mendunia. Dirinya memberikan motivasi kepada para petani kopi agar lebih bersemangat mengingat kini kopi subang telah menjadi komoditas ekspor.

Ucapan terima kasih pula disampaikan kepada Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat atas berbagai bantuan yang diberikan kepada para petani Subang. Dirinya berharap agar Kadisbun Provinsi tidak bosan mendukung dan memberi bantuan kepada para khususnya petani Kopi.

“Saya siap all out mendukung terkait kesejahteraan petani, kuncinya kerja keras dan kreativitas untuk membawa keberhasilan bagi masyarakat Subang” ujar Kang Jimat.

Ucapan apresiasi pula diberikan kepada Kadis yang belum 48 jam dilantik menjadi Kadis pertanian definitif namun telah mampu menyelenggarakan festival tersebut yang menjadi ajang menduniakan kopi Cupunagara.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Perkebunan Jawa Barat, Ir. Hendy Jatinika, M.M, ketua TP. PKK Kabupaten Subang sekaligus Istri Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, H. beserta istri, Asda I H. Rahmat Effendi, Asd II dr. Nunung Syuhaeri, kepala H. Ahmad Sobari, kepala DLH Subang Rona Mairansyah, Kasatpoldam Dikdik Solihin, Camat Cisalak beserta unsur muspika, para tokoh masyarakat kecamatan Cisalak dan kepala beserta perangkat desa Cupunagara.