Apa itu Digital Banking dan Fitur Menarik Apa Saja di Dalamnya?

Beruntung kita hidup di zaman modern dengan kemajuan teknologi yang menunjang  kepraktisan dan kemudahan dalam segala aspek kehidupan. Salah satunya dalam hal urusan keuangan dan perbankan yang selalu melakukan inovasi serta mengikuti perkembangan zaman. Bentuk konkritnya yaitu dengan adanya digital banking.

Melalui digital banking, seluruh transaksi mulai dari transfer, pembelian, pembayaran, investasi,  buka rekening hingga tarik tunai dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Tidak hanya memberi keuntungan untuk tapi juga kebutuhan pribadi Anda.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Digital Banking

Digital banking tidak bisa lepas dari internet. Tanpa internet, maka tidak akan ada digital banking karena semua transaksi dilakukan secara daring. Digital banking merupakan layanan perbankan elektronik dan diatur berdasarkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta dikembangkan bersamaan dengan dunia fintech.

Digital banking merupakan terobosan yang melayani semua transaksi keuangan. Itu artinya, nasabah tidak perlu repot-repot datang ke bank dan mengantri bertemu customer service atau teller. Akses dan layanan dapat dilakukan 24 jam non-stop tanpa mengikuti jam operasional.

Nasabah wajib terlebih dahulu mengunduh aplikasi di Play Store, kemudian mengisi data dan selanjutnya diverifikasi oleh customer service. Setelah itu akan dilakukan video call dan secara resmi nasabah tersebut telah memiliki akun digital banking.

Fitur Unggulan Digital Banking

Meski memiliki konsep yang sama dengan bank konvensional, namun ada beberapa fitur hanya bisa ditemukan pada digital banking. Tidak hanya menyediakan layanan berupa internet banking, phone banking, sms banking dan mobile banking, berikut fitur unggulan lainnya yang diberikan:

  1. Buka Rekening dari Rumah

Tidak semua orang memiliki waktu datang ke bank demi membuka akun rekening bank. Namun sekarang, membuka rekening bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan PC, laptop, atau smartphone dan akun digital banking Anda akan aktif dalam hitungan jam.

2. Satu Rekening untuk Berbagai Tabungan

Digital banking membantu nasabah untuk rajin menabung karena dalam satu rekening bisa dibuat hingga 10 post tabungan berbeda dan di-support sistem autodebet. Secara otomatis, besaran nominal akan didebit pada setiap tanggal yang telah ditentukan. Fitur ini juga digunakan untuk mengatur pos pengeluaran dengan memisahkannya menjadi beberapa pos tabungan yang berbeda.

3. Patungan Uang

Fitur ini digunakan untuk memudahkan ketika mengumpulkan uang. Misalnya untuk membeli kado bersama atau mengumpulkan sumbangan secara kolektif. Dengan fitur ini, 25 orang akan bisa tergabung dalam satu grup.

4. Catatan Keuangan

Fitur ini diciptakan bagi Anda yang ingin membuat catatan keuangan, baik pribadi maupun untuk usaha. Jadi, setiap satu rupiah uang yang dikeluarkan akan dimonitor dengan mudah.

5. Memudahkan Investasi

Fitur digital banking memudahkan nasabah membeli aset investasi, seperti obligasi dan reksadana secara online. Berbagai informasi mengenai kinerja, tingkat risiko dan sistem pengelolaan juga akan dijelaskan.

Rencanakan Keuangan yang Lebih Baik dengan Aplikasi Senyumku

Jika Anda membutuhkan layanan digital banking masa kini, Anda bisa mempercayakannya pada Senyumku yang merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia milik perusahaan multinasional Tolaram. Senyumku telah terdaftar dan diawasi OJK, sehingga aman bagi semuanya.

Setidaknya ada 3 keuntungan yang diberikan, yaitu:

  1. Kontrol belanja dengan Auto Categorization dan Spending alert. Secara otomatis, semua pengeluaran bisa dilacak dan akan ada reminder ketika pengeluaran mendekati limit budget.
  2.  Monitor keuangan dengan Spending Meter, Monthly Spending dan Daily Digest.
  3. Dengan fitur Wishlist, Anda bisa membuat pos-pos untuk berbagai kebutuhan dan simulasi alokasi uang per bulan untuk mencapai target.

Digital banking merupakan rekening bank kekinian yang mudah digunakan dan membantu mengatur perencanaan keuangan. Demi menjaga keamanan transaksi digital banking, sebaiknya jaga kerahasiaan password, serta rutin menggantinya. Gunakan juga perangkat pribadi untuk mencegah kebobolan data Anda.