Tingkatkan Devisa dari Ekspor Produk UMKM, Kang Jimat Resmikan Tungku Arang di Desa Nagrak

KOTASUBANG.com, Subang – Bupati H. melaksanakan peresmian tungku arang (Jawara Arang) sebagai bentuk konsistensi dan komitmen bupati dalam meningkatkan UKM dan ekonomi padat karya dengan orientasi ekspor di Desa Nagrak Kecamatan Ciater, Selasa (21/9/2021)

Pembangunan Tungku arang di desa yang berada di pangkuan hutan merupakan komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Adapun pembangunan tungku arang tahun ini direncanakan dilaksanakan di 20 Desa Se Kabupaten Subang.

Menurut kepala Desa Nagrak Ahmad pembangunan 5 unit tungku arang di wilayahnya dapat membantu Bumdes dalam mengembangkan usaha arang dan mengangkat UMKM di desa nagrak sehingga tingkat perekonomian warga desa Nagrak dapat meningkat. Dirinya mengucapkan terima kasihnya kepada Bupati atas dukungan dan program pembangunan tungku arang yang digulirkan di desa Nagrak.

Sementara itu menurut pegiat UMKM sekaligus perintis arang Jawara Tono Firmansyah pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Kang Jimat atas pengembangan usaha arang di Kabupaten salah satunya berupa terwujudnya pembangunan tungku arang di desa Nagrak dan juga beberapa desa lain diantaranya Desa Cintamekar, Cisaat dan lainnya. Dirinya mengungkapkan bahwa pangsa pasar arang Subang di luar negeri sangat tinggi dan diminati hal tersebut terbukti dengan adanya pesanan ekspor ke beberapa negara diantaranya China, australia serta dalam penjajagan ke Swiss dan Rusia.

Sementara itu menurut Kang Jimat sapaan akrab Bupati peresmian tungku arang tersebut merupakan bukti komitmen dan komsistensi dirinya dalam mendukung usaha peningkatan perekonomian masyarakat desa berupa pemanfaatan limbah kayu serta potensi lahan di pangkuan hutan menjadi pendapatan warga serta mendatangkan devisa bagi Subang atas usaha ekspor arang jawara.

Atas berkembangnya usaha arang tersebut secara khusus dirinya memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Tono Firmansyah anak muda yang mampu memanfaatkan potensi alam dan menggerakan masyarakat desa hingga berdaya guna membawa arang Subang ke tingkat dunia.

“Terima kasih dan apresiasi dari saya setinggi-tingginya untuk anak muda yang mampu membuat usaha arang subang berkembang hingga ke manca negara semoga bisa diikuti oleh para pemuda lain” ujarnya.

Terkait komoditas lain seperti Kopi dan komoditas udang vaname kang jimat berkomitmen untuk mengupayakan pula agar berkembang dan menjadi komoditas berorientasi ekspor sehingga visi Kabupaten menjadi pusat ketahanan pangan dapat terwujud.

Peresmian tungku Arang desa Nagrak Kecamatan Ciater ditandai dengan prosesi potong pita dan pembakaran perdana tungku arang oleh Kang Jimat.

Hadir mendampingi kang Jimat Dandim 0605 Subang Letkol Czi Irdyad Wilyarto, Kapolres Subang AKBP Sumarni, Asda I H. Rahmat Effendi, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Asep Setia Permana, Kepala H. Ahmad Sobari, Camat Ciater beserta Muspika serta kepala desa Nagrak beserta Jajaran.