Jalan Lingkar di Subang Selesai 2015

Pembkalijati-macet1-300x200angunan jalan dua ruas jalan lingkafr di Subang, masing masing lingkar dalam dan luar ditargetkan bisa selesai pada tahun 2015 mendatang. Kedua ruas jalan tersebut sebagai antisipasi kemacetan di pusat kota Kabupaten Subang ketika jalan tol Cipali (Cikopo – Palimanan) selesai dibangun dan mulai difungsikan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Subang, Umar, didampingi Kabid Bina Marga, Andri Priatna, Selasa (29/4/2014) membenarkan dua ruas jalan, yaitu lingkar dalam dan luar segera dibangun. Malahan sebagian prosesnya, seperti pelebaran sudah dilaksanakan.

“Fungsi jalan itu untuk antisipasi sekaligus mengurai kemacetan di pusat kota, pada saat jalan tol selesai dibangun dan difungsikan,” ujarnya.

Dikatakan Andri, keberadaan dua jalan itu nantinya kendaraan yang keluar dari interchange jalan tol tujuan Subang selatan tak perlu masuk pusat kota. Pengguna jalan bisa masuk jalan itu sebelum pusat kota, dan keluar setelah pusat kota di kawasan Ranggawulung.

“Jadi dengan melalui jalan lingkar ini, pengguna jalan bisa langsung menuju selatan, tidak terjebak macet di pusat kota. Sebab kalau semuanya masuk kota, kemacetan akan semakin parah,” ujarnya.

Andri menjelaskan kedua jalan lingkar itu meliputi lingkar dalam membentang Kelurahan Sukamelang mulai jalan Terminal, masuk ke Jalan Marsuni di samping lapas, dan keluar di kawasan Tegal Kalapa Subang.

Jalur lingkar dalam sudah ada, sehingga tinggal melaksanakan pelebaran. Saat ini lebar jalannya 3 meter, nantinya menjadi 6 meter. “Panjang jalan lingkar dalam mencapai 7 kilometer, nantinya akan dibuat dua jalur,” ujarnya.

Sementara jalan lingkar luar, lanjut Andri membuat jalan baru, pembukaan jalurnya sudah dimulai yaitu dari kampung Cimanggu, dan keluar di kampung Cibogo. Namun prosesnya sempat terhenti, baru 3,5 kilometer dari panjang yang akan dibangun sepanjang 4 kilometer. (Pikiran Rakyat)