Kado HUT RI ke-76, PLUT KUMKM Subang Raih Penghargaan Sebagai PLUT Terbaik Tingkat Nasional

KOTASUBANG,com, Subang – Kiprah PLUT KUMKM Subang dalam mendampingi UMKM mendapat apresiasi dari pihak luar. Adalah pihak Universitas Sebelas Maret (UNS), sebuah universitas negeri di Surakarta, Jawa Tengah telah melakukan penilaian atas kinerja PLUT KUMKM Subang dan hasilnya PLUT KUMKM Subang dinobatkan sebagai PLUT Pengembang UMKM Terbaik di tingkat nasional nasional dan mendapat penghargaan Dharma Krida Baraya Adikarya Nugraha pada gelaran “8th UNS SME’s Summit & Awards 2021. Saat ini ada lebih 70 PLUT KUMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penetapan PLUT KUMKM Subang sebagai PLUT Pengembang UMKM Terbaik di Indonesia berdasarkan hasil penialain dewan juri yang terdiri dari Kemenkop UKM RI Kepala PSP KUMKM UNS, ABDSI dan Tim PSP-KUMKM LPPM UNS.

Dalam penilaiannya, pihak UNS tentunya mendapatkan rekomendasi dari Kementerian UKM RI untuk menentukan nominasi PLUT terbaik, kemudian dewan juri melakukan verifikasi terhadap portofolio PLUT yang dinominasikan.

Berbagai aspek yang menjadi penialian diantaranya Perkembangan jumlah dan ragam kegiatan KUMKM, ragam pendampingan/ pemberdayaan yang dilakukan, perkembangan jumlah anggaran dan sumber pembiayaan (termasuk dukungan dari Pemkab), dan capaian hasil pendampingan/pemberdayaan yang dilakukan, diantaranya;

  1. Pendampingan

Pendampingan PLUT KUMKM Subang dirasakan manfaatnya oleh para UMKM, terlihat dari semakin banyaknya UMKM yang datang berkunjung ke UMKM, setiap bulan lebih dari seratus UMKM datang ke PLUT Subang. Dari hasil pendampingan tersebut banyak UMKM Subang yang dapat di katakan naik kelas dalam segi omzet, peningkatan legalitas, akses pembiayaan, perbaikan kemasan dan lain-lain.

  1. Pelatihan

PLUT KUMKM Subang menyelenggarakan berbagai pelatihan baik bimbingan teknis maupun teknologi tepat guna. Sepanjang tahun 2019 misalnya telah diselenggarakan 52 kali pelatihan dengan jumlah peserta 2025 orang, baik pelatihan yang diselenggarakan mandiri oleh PLUT KUMKM Subang maupun bekerjasama dengan BUMN, swasta dan pihak lainnya.

  1. Permodalan/Pembiayaan

Dengan adanya PLUT KUMKM Subang akses pembiayaan bagi UMKM semakin mudah. Diantaranya telah berhasil memfasilitasi UMKM untuk mendapatkan tambahan modal diantaranya melalui PKBL PT Dahana. PLUT KUMKM Subang juga membantu membuat proposal untuk pengajuan PKBL tersebut. PLUT KUMKM Subang juga mendapat penghargaan sebagai mitra strategis PT Dahana dalam pembinaan UMKM Subang.

  1. Branding dan Kemasan

Semenjak hadirnya PLUT di Kabupten Subang, kemasan produk UMKM semakin baik. Hingga saat ini sudah 500 desain kemasan diberikan gratis bagi UMKM binaan PLUT Subang. PLUT juga berhasil mengikis ego sektoral dimana kini dalam setiap kemasan UMKM tidak lagi dicantumkan tulisan nama binaan seperti Binaan Dinas Koperasi, Binaan Dinas Peternakan dan lain-lain tetapi menggunakan logo Subang Product yang dibuat oleh PLUT KUMKM Subang dan city branding Subang.

  1. Pemasaran

Dengan adanya PLUT KUMKM Subang pemasaran produk UMKM semakin meningkat. Diantaranya berkat adanya fasilitasi akses pemasaran ke beberapa outlet atau toko oleh-oleh di Subang yang sudah bersinergi dengan PLUT. Pada tahun 2020, UKM kerajinan binaan PLUT Subang juga berhasil mengekspor produknya ke Eropa. Pelaksanaan  ekspor perdana dilakukan di PLUT Subang.

Untuk promosi dan pemasaran PLUT KUMKM Subang juga membantu membuatkan foto produk gratis bagi UMKM dan membuatkan video singkat dan flyer materi iklan untuk media promosi. Lebih 200 foto produk sudah diberikan gratis bagi UMKM.

Dalam operasionalnya mencapai hasil tersebut PLUT KUMKM Subang terus berupaya menjalin sinergitas dengan 5 unsur pentahelix yang terdiri dari unsur pemerintah, akademisi, sektor bisnis, komunitas, dan media. Sinergitas dengan berbagai unsur tersebut menjadi contoh bagi PLUT-PLUT lainnya.