Partisipasi Pemilih pada Pileg di Subang Hanya 76.5 %

pilpresHasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang mencatat ada 270.252 orang yang tidak memberikan hak pilih atau golput dalam Pileg yang digelar pada 9 April 2014 yang lalu.

Ketua KPU Kabupaten Subang, Maman Supraman menuturkan, dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) 1.145.074 suara sah mencapai 874.822 sehingga masih ada sekitar 270.252 yang tak memberikan hak pilihnya dalam pileg 9 April 2014.

Dengan demikian, tambah Maman, partisipasi pemilih dalam pileg tersebut, belum sesuai dengan target yang telah ditetapkan KPU Kabupaten Subang.

“Target partisipasi 79%, dengan angka itu maka partisipasi pileg di Kabupaten Subang hanya 76,54%,” paparnya, Senin (28/4)

Ia menyebut angak golput itu bukan karena pihaknya kurang sosialisasi. Rendahnya angka partisipasi kata dia akibat rendahnya kesadaraan masyarakat untuk memberikan hak pilihnya.

“Kalau sosialiasai, kita mah sudah maksimal, hanya itu karena rendahnya kesadaraan masyarakat,” kelit Maman.

Namun apabila di banding dengan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Subang, tutur Pokja data KPU Kabupaten Subang, Hari Nazarudin, partisipasi pileg di Subang meningkat, di mana angka partisipasi pilbup itu hanya sekitar 67%.

“Begitupun, jika dibandingkan dengan target KPU Provinsi yang hanya 71% maka kita masih unggul,” pungkasnya. (Inilah)