Inilah Yang Dilakukan Jokowi Selama Di Subang Hari Ini

Jokowi memakai ikat kepala khas Pasundan, di alun-alun Subang, 18 Mei 2014
Jokowi memakai ikat kepala khas Pasundan, di alun-alun Subang, 18 Mei 2014
Jokowi memakai ikat kepala khas Pasundan, di alun-alun Subang, 18 Mei 2014

Calon presiden dari PDI Perjuangan hari ini melalukukan kunjungan ke beberapa tempat di Subang, Minggu 18 Mei 2014. Pukul 09.00 Jokowi memulai kunjungannya ke pasar Cipeundeuy, Subang. Di sana ia disambut warga yang berebut bersalaman. Jokowi juga sempat membeli sayuran dan kerupuk di pasar tersebut. Hanya sekitar 15 menit disana kemudian ia melanjutkan kunjungannya ke pasar Kalijati. Di pasar Kalijati ia pun disambut keriuhan warga. Jokowi memang sengaja sering melalkukan blusukan ke pasar tradisional. Menurutnya, pasar tradisional merupakan ruang interaksi masyarakat bukan hanya tempat bertemunya penjual dan pembel, bahkan sudah merupakan budaya warga Indonesia.

Tak lama berada di pasar ia kemudian melanjutkan safarinya ke alun-alun Subang. Di sana ia sudah ditunggu para pendukungnya yang tergabung dalam relawan “We Love Jokowi”. Kedatangannya di alun – alun Subang disambut dengan kesenian Sisingaan dan Gembyung. Namun, jokowi menolak ketika ditawari panitia untuk menaiki Sisingaan. Ia lebih memilih berjalan kaki sejauh 500 meter menuju lokasi acara.

Dalam pidato sambutannya Bupati Subang Ojang Sohandi mengatakan, kunjungan Jokowi ke Subang kali ini merupakan kunjungan balasan setelah dirinya mengunjungi kediaman Jokowi menjelang pemilihan Bupati Mei tahun lalu.

“Ini merupakan undangan balasan setelah saya sempat hadir ke rumah dinas Pak Jokowi di Jakarta Mei tahun lalu,” katanya.

Seusai memberi sambutan, Ojang memberikan kenang-kenangan berupa miniatur Sisingaan dan pakaian kampret lengkap dengan ikat kepalanya. Ketika diminta para wartawan untuk memakainya, Jokowi hanya memakai ikat kepalanya saja.

“Bajunya nanti saya pakai kalau ke sini lagi,” kata Jokowi.

Dalam acara kali ini Jokowi berdialog dengan para relawan dan warga masyarakat Subang yang terdiri dari Forum Komunikasi Guru Ngaji, Forum Komunikasi Guru Honorer, Forum Penyuluh Pertanian, Forum Guru PAUD, dan lainnya. Kesempatan ini digunakan warga masyarakat Subang untuk berkeluh kesah kepada Jokowi dan berharap ia bisa memnuhai harapan mereka jika kelak terpilih menjadi presiden.

Menjelang pukul 12.00 Jokowi meninggalkan lokasi acara untuk kembali menuju ke Jakarta. Ditanya wartawan mengenai calon wakil presidennya yang belum juga diumumkan, Jokowi hanya menjawab akan segera diumumkan.

“Kalo nggak hari ini, besok pasti kita umumkan cawapresnya,” pungkasnya.

Berita Terkait: