Forum Komunikasi Osis Kabupaten Subang (FKOS) Gelar Kongres

Foto : Nizar Zulfikar
Foto : Nizar Zulfikar

Setelah vakum beberapa lama Forum Komunikasi Osis Kabupaten Subang (FKOS) berhasil menggelar kongres untuk ke-2 kalinya, pada 27-28/5/2014 yang lalu di pendopo Kabupaten Subang. Kongres II tersebut dihadiri puluhan perwakilan OSIS dari SMA/SMK/MA se-Kabupaten Subang.

Menurut salah satu pengurus FKOS, yang juga menjabat ketua korwil umum Nizar Zulfikar, agenda utama Kongres FKOS kali ini adalah pemilihan Ketua Umum baru, Penetapan AD/ART yang baru, pembentukan program kerja dan beberapa agenda lainnya.

Pada kongres II tersebut akhirnya diputuskan saudara Hade Subagja dari MAN Subang menjadi ketua baru FKOS periode mendatang. Pasca terpilih menjadi ketua FKOS, Hadi mengungkapkan salah satu agenda pertama yang akan ia laksanakan adalah melakukan sosilalisasi FKOS ke semua sekolah baik SMA, SMK dan MA yang ada di kabupaten Subang.

“Untuk langkah pertama kita mau sosialisasi dulu ke sekolah-sekolah yang ada di Subang biar mereka tahu bahwa forum ini benar benar ada meskipun sempat vakum,” katanya.

Menurut Hade dari sekitar 148 sekolah SMA/SMK/MA yang ada di kabupaten Subang, baru sekitar 40 sekolah saja yang ada perwakilannya di FKOS dan itupun tidak semuanya aktif.

Setelah melakukan sosialisasi, FKOS telah memiliki agenda-agenda lainnya, termasuk diantaranya pembuatan majalah FKOS.

Selanjutnya Hade mengungkapkan keberadaaan FKOS ini sangat penting untuk pembentukan karakter siswa dalam menghadapi masa depan. Menurutnya, FKOS merupakan wadah untuk mengembangkan kemampuan siswa baik itu keterampilan minat bakat (hard skill) maupun pembentukan jiwa kepemimpinan melalui kegiatan organisasi (soft skill).

“Kedua komponen tersebut merupakan syarat pokok dalam mempersiapkan persaingan individu yang semakin kompetitif,” ungkapnya.

Hade berharap para anggota FKOS terus bersemangat untuk memajukan forum tersebut.

Berita Terkait: