Hingga Juni 2021, Subang Dilanda Banjir 23 Kali dan Longsor 56 Kali

KOTASUBANG.com, Subang – Sepanjang tahun 2021 berbagai kejadian musibah melanda . Hingga Juni 2021 bencana banjir terjadi 23 kali, rob 3 kali, pohon tumbang 23 kali, longsor 56 kali, rumah roboh 6 kali dan telah tembus ke angka 6038 orang. dengan beragam bencana tersebut termasuk gunung merapi dan angin puting beliung, potensi bencana di Kabupaten Subang menempati urutan ke 8 di .

Hal tersebut melatarbelakangi dibentuknya Forum Ganas Madu (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Terpadu). Pengurus Forum Ganas Madu Kabupaten Subang periode 2021-2026 resmi dilantik oleh Wakil Subang Rosyadi di SDN Puncak Jambelaer, , Sabtu (12/6/21).

Ketua pelaksana sekaligus Kalak BPBD H. Hidayat dalam laporannya menyampaikan bahwa sesuai Peraturan Daerah no. 1 tahun 2020 tentang penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Subang dimana masyarakat bagian penting dalam wadah siaga bencana berbasis masyarakat terpadu sebagai kekuatan yang besar bersama sama untuk menyelenggarakan penanggulangan bencana dari mulai pencegahan, penanganan dan pasca bencana.

Kang Akur sapaan akrab Wakil mengucapkan terima kasih kepada para jajaran Forkopimda dan seluruh jajaran pengurus serta anggota Forum Ganas Madu yang telah bersinergi dalam menangani bencana yang terjadi di wilayah kabupaten Subang.

Dengan adanya forum siaga bencana berbasis masyarakat terpadu ini, Kang Akur berharap Ganas Madu menjadi wadah komunikasi bagi seluruh masyarakat dalam mencegah dan menangani bencana yang terjadi.

“Ketika terjadi bencana harus kita hadapi dan kita tanggulangi, karena bencana merupakan salah satu sumber kemiskinan.” Ujarnya. Kehadiran Forum Ganas Madu ini sangat strategis dalam melakukan perlindungan sosial.

Kang Akur juga menginstruksikan kepada seluruh anggota forum Ganas Madu untuk lakukan dan Kerjakan dengan ikhlas dengan hati nurani sehingga apa yang dikerjakan menjadi amal ibadah dihadapan Allah.

Beliau berpesan untuk melakukan edukasi bencana kepada masyarakat secara berkala sehingga terjadi sinergi dengan masyarakat dalam pencegahan serta penanggulangan bencana secara menyeluruh.

Kang Akur mengajak kepada masyarakat dalam pencegahan penyebaran penularan covid 19 di Kabupaten Subang terus dibangun kesadaran masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan sudah mulai abai.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Dandim 0605 Subang dan perwakilan Forkopimda lainnya.