Puluhan Pemuda Antusias Ikuti Workshop Motivasi Bisnis Program Yess Subang

KOTASUBANG.com, Subang Program Yess adalah salah satu sinergi program antara Kementerian Pertanian (Kementan) dan International Fund for Agricultural Development (IFAD). YESS dirancang untuk mengembangkan potensi generasi muda dan regenerasi petani di pedesaaan untuk menjadi wirausahawan muda dan tenaga kerja profesional di bidang pertanian.

merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan program ini dari 4 kabupaten lainnya di yaitu Tasikmalaya, Sukabumi dan Cianjur. Di tingkat kabupaten Subang implementasi program Yess dilaksanakan oleh Dinas Pertanian kabupaten Subang.

Berbagai tahapan program telah dilaksanakan oleh Dinas Pertanian. Selama 2 hari ini (10-11/6/2021) telah digelar Business Motivation Pathways, Workshop Motivasi Bagi Pemula. Workshop tersebut digelar di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Jalancagak dan BPP Kalijati selaku BDSP (Business Development Service Provider) program Yess. Kegiatan ini diikuti 80 orang pemuda pedesaan yang berminat menjadi agropreneur muda.

“Kegiatan workshop Motivasi Bisnis bagi Pemuda di Kabupaten Subang diharapkan mampu meningkatkan kapasitas dalam mengidentifikasi berbagai model bisnis pertanian seperti pohon Industri dan bisnis model canvas guna menjadi pegangan dalam merencanakan dan melaksanakan usaha bisnis,” ungkap Dr. Arifin Tasrif, selaku Penanggung jawab kegiatan Workshop motivasi Bisnis Pemuda Perdesaan yang manjadi bagian dari Program YESS Provinsi Jawa Barat tahun 2021.

“Selain itu, success story yang disampaikan oleh praktisi mewakili wirausaha milenial diharapkan mampu meningkatkan minat bagi peserta workshop untuk memulai usaha bisnis di berbagai komponen agribisnis pertanian,” lanjutnya.

Amas Sutarmas, SP., Kasi Penyuluhan dinas Pertanian kabupaten Subang yang merupakan Ketua Teknis Panitia Swakelola Tipe 2 kegiatan Yess di Kabupten Subang mengungkapkan degradasi lahan, pergeseran fungsi lahan menurunnya regenerasi petani merupakan potret isu yang terjadi di Subang saat ini. Maka peran 198 orang insan penyuluh dipertaruhkan untuk merubah paradigma yang terjadi. Melalui media, metode dan materi perlahan dan pasti sebanyak 4950 tani taruna bagian dari tani dewasa yang sudah siap menjadi wirausaha muda.

“Filisopi penyuluhan adalah non forml untuk keluarga petani agar mampu dan mau merubah menolong dirinya sendiri menjadi lebih maju, maka hadirnya program YESS bagian dari napasnya penyuluhan akan memberikan warna dinamika wirausaha dan ketenagaan disektor pertanian 4 tahun ke depan di kabupaten Subang,” katanya.

Turut hadir hadir dalam kegiatan tersebut Kasi Penyuluhan Pertanian, Perwakilan KTNA Kabupaten Subang, HIPMI Subang, Petani Milineal yang bergerak di bidang pengolahan serat daun nenas, petani Milineal yang bergerak di pupuk organik, dan penyuluh pertanian yang menjadi trainer dalam pelatihan tersebut.

Sementara itu, data dari Dinas Pertanian Kabupaten Subang mencatat sampai saat ini sudah hampir 6000 pemuda Subang yang siap dilatih dalam program Yess. Dinas Pertanian juga masih menerima pendaftaran bagi para pemuda desa yang berminat menjadi wirausahawan muda di bidang pertanian. Bagi pemuda Subang yang berminat mengikuti program ini bisa melalui para penyuluh pertanian di lapangan dan para mobilizer Yess di Kabupaten Subang.