Kadisnakertrans : Tak Ada Perusahaan Kerjasama Rekruitmen Tenaga Kerja dengan Karang Taruna dan Pemdes

KOTASUBANG.com, Subang – Dalam rangka menghadapi industrialisasi di Kabupaten , pemerintah Kabupaten Subang melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi berupaya meningkatkan keterampilan kerja masyarakat untuk memenuhi kebutuhan bursa kerja yang kini semakin meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Yeni Nuraeni, S.Sos, M.Ap di Kantor Disnakertrans Subang, Senin (7/6/2021)

Dirinya mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan terjadi lonjakan kebutuhan tenaga kerja di Kabupaten Subang terkait dibukanya banyak lowongan kerja oleh perusahaan-perusahaan di Kabupaten Subang.

“Bahkan kebutuhannya bisa mencapai 2000 orang” ujarnya.

Terkait telah ditandatanganinya MoU berbagai perusahaan dengan hal tersebut menjadikan dinas tenaga kerja dan transmigrasi Subang sebagai pihak pertama yang mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan menjadi penyedia tenaga kerja terampil siap pakai untuk kebutuhan bursa kerja tersebut.

“Pihak perusahaan menginginkan tenaga kerja siap pakai untuk itu pelatihan kerja sangat dibutuhkan” tuturnya.

Yeni pun menegaskan bahwa terkait rekruitmen tenaga kerja pihak perusahaan tidak bekerja sama dengan pihak manapun melainkan dengan kepala daerah yang ditindaklanjuti oleh Disnakertrans sebagai perpanjangan tangan .

“Jadi tidak ada kerjasama rekruitmen perusahaan dengan pihak desa atau karangtaruna, yang ada MoU perusahaan dengan Bupati yang dalam pelaksanaannya ditindak lanjuti oleh disnaker baik dalam penyebaran info lowongan kerja maupun pemenuhan kebutuhan melalui pelatihan kerja” ujarnya

Terkait Mou antara perusahaan dan Bupati Perusahaan-perusahaan yang berdiri di suatu daerah tentu juga harus mematuhi aturan yang ada di daerah itu guna ikut serta patuh terhadap aturan/hukum yang ada. Dalam hal ini kabupaten/kota mempunyai kewenangan untuk membuat peraturan daerah kabupaten/kota sebagaimana dijelaskan Pasal 22 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan penjelasannya.

Perusahaan dalam merekrut karyawan atau tenaga kerja tentu juga terikat dengan aturan di daerah tersebut, di mana jika daerah tersebut menyatakan bahwa harus ada karyawan yang tergolong masyarakat lokal atau tenaga kerja lokal, maka perusahaan harus mematuhi aturan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut plt. Kepala UPTD BLK Disnakertrans Subang Ucu Kuswandi ST memaparkan bahwa ditengah keterbatasan anggaran pelatihan kerja Disnakertrans Subang mencoba menciptakan berbagai terobosan guna meningkatkan daya serap tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan bursa kerja yang berasal dari perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Subang. Adapun berbagai terobosan tersebut yaitu:
1. Kerjasama Vokasi industri dunia berupa pelatihan ketetampilan kerja kepada siswa-siswi SMA dan SMK dengan mendorong “link and Match” antara kurikulum dan kebutuhan industri agar setelah lulus bagi para siswa yang tidak melanjutkan kuliah memiliki keterampilan kerja yang bersertifikasi negara untuk langsung disalurkan kerja.

2. Mendorong kerjasama dengan Desa melalui program PERAGA (Pembekalan Keterampilan Kerja Untuk Warga) yaitu kerjasama antara pemerintah desa yang ingin memberikan pelatihan keterampilan kerja untuk warganya dengan standar kemenaker sehingga setelah pelatihan dilaksanakan akan mendapatkan sertifikat dan kesempatan untuk disalurkan melalui BLK disnakertrans Subang

3. Kerjasama dengan LPK-LPK di wilayah Kabupaten Subang dalam menyiapkan tenaga kerja terampil untuk disalurkan sesuai kebutuhan industri dan bursa kerja.

4. Menyiapkan aplikasi tenaga kerja yang berisi database pencari kerja dan lowongan perusahaan. Hal tersebut dapat mengakomodir tenaga kerja berpengalaman (berdasarkan pembuatan kartu kuning) dengan kebutuhan perusahaan, sehingga dengan aplikasi tersebut dapat menjadi media penghubung serta mempermudah perusahaan dalam mendapatkan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan.

5. Memaksimalkan penyebaran informasi melalui media massa, media online maupun media sosial terkait info lowongan pekerjaan dan info pelatihan kerja.

Ucu menegaskan bahwa BLK dinas tenaga kerja dan transmigrasi Subang akan berupaya memenuhi kebutuhan tenaga kerja terampil siap pakai yang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan diwilayah Kabupaten Subang dan menghimbau kepada calon tenaga kerja untuk menghindari praktek percaloan yang kini marak terjadi.