Bupati Ruhimat Dukung Kiprah Dedi Mulyadi

KOTASUBANG.com, Subang , H. mengungkapkan dukungannya kepada salah seorang Penyuluh THL TBPL, Dedi Mulyadi yang kini menjadi petani milenial dengan produksi beras organik di Subang. Hal itu disampaikan kang Jimat ketika menerima kunjungan perwakilan Kementerian Pertanian RI terkait laporan pelaksanaan Program Youth Entrepreuneurship and Employment Support Services (YESS) Kabupaten Subang di Lokasi Pusat Pengembangan Ketahanan Pangan Subang – Kecamatan Serangpanjang, Selasa (1/6/2021).

Kiprah Dedi Mulyadi dalam pengembangan padi organik dimulai tahun 2012 lalu setelah dirinya lulus dari IPB University. Petani muda ini merintis pengembangan padi organik di kampungnya sendiri kampung Bugel, desa Pringkasap, Pabuaran. Beras organik yang diproduksinya diberi merek Pringkasap sesuai nama desanya. (baca juga : Dedi Mulyadi, Petani Milenial Subang Ditunjuk FAO Kembangkan Beras Organik di Perbatasan Negara)

Dedi Mulyadi bersama H. Ruhimat menunjukkan produk beras organiknya

Atas kiprahnya tersebut, Alumni dan IPB University ini kemudian ditunjuk FAO untuk menjadi konsultan nasional project pengembangan padi organik di daerah perbatasan negara. Kini, dia tengah berupaya mewujudkan Integrated Organic Farming atau pertanian organik terintegrasi di desanya.

Sementara itu, Kang Jimat juga mengungkapkan rasa optimismenya terkait pelaksanaan Program YESS di Kabupaten Subang akan mampu menarik minat para pemuda dan kaum milenial untuk terjun ke sektor pertanian dan mampu meningkatkan pendapatan para petani milenial dan siap mendukung kesuksesan pelaksanaan program ini.

“saya support karena sesuai, apa yang bisa disupport pemerintah daerah, ayo saya ingin endingnya bisa meningkatkan pendapatan petani ” tegasnya.

Terkait kerjasama Program YESS di Subang yang dilakukan dengan BB Padi kang Jimat mengatakan bahwa dirinya mendukung sepenuhnya dan melalui program YESS ini diharapkan akan muncul para petani milenial Subang yang mampu memajukan dan mengembangkan sektor pertanian di Kabupaten Subang.

Plt Kepala Dinas Pertanian Dra. Nenden menambahkan bahwa target Program YESS yaitu melatih anak-anak muda agar menjadi Sumber Daya Manusia yang diaaplikasikan menjadi wirausahawan muda. Untuk wilayah Kabupaten Subang Sebanyak 4985 calon CPCL akan mendapatkan yang tidak hanya disektor pertanian saja namun di sektor perikanan, peternakan dan UMKM.