Subang Darurat Sampah, Bupati Ruhimat Sidak ke DLH dan TPA Jalupang

KOTASUBANG.com, Subang – Terkait berbagai permasalahan sampah di Kabupaten yang kian semrawut dan tak tertanggulangi Subang H. melakukan inspeksi Mendadak (Sidak) ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang di JL. K.S. Tubun No. 16 Subang, Senin (31/5/2021).

Dalam kunjungannya kang Jimat memantau sejumlah sarana dan prasarana yang dimiliki Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang sekaligus berdialog dengan para pegawai serta sopir pengangkut sampah di lingkungan dinas Lingkungan Hidup.

Dalam laporannya Kabid pengelolaan sampah dan limbah b3 DLH Subang Dito Sudrajat S.Hut., M.Si memaparkan bahwa saat ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang memiliki 45 unit mobil pengangkut sampah dan yang saat ini dapat di operasikan hanya 29 unit, 14 unit dalam status pelelangan dan 2 unit kendaraan dalam keadaan rusak berat. Dito pun menjelaskan terkait kronologi pengangkutan sampah di pasar Pujasera yang diinisiasi oleh Kang Dedi Mulyadi dimana dirinya merasa terkejut atas spontanitas yang dilakukan oleh mantan Bupati Purwakarta tersebut.

Sementara itu Kang Jimat menginstruksikan agar pihak terkait terutama Dinas Lingkungan Hidup agar lebih tanggap dan bergerak cepat mengatasi berbagai keluhan dan penumpukan sampah di berbagai tempat dan meminta kepada dinas-dinas terkait agar bersinergi dalam menyelesaikan permasalahan darurat yang membutuhkan solusi dengan segera. Selepas sidak ke Dinas Lingkungan Hidup Kang Jimat bergegas melakukan peninjauan ke lokasi .

Seusai melakukan sidak ke Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang dalam perjalanan menuju TPA Jalupang , H. Ruhimat mengunjungi salah satu TPS di jalan Nusa Indah Cicadas.

Dalam kunjungan tersebut Kang Jimat meninjau langsung kondisi TPS baik sampah maupun bak sampah hingga kondisi mobil pengangkut sampah. Terlihat sampah yang masih menggunung dan berserakan di TPS tersebut.

Bupati Subang H. Ruhimat selanjutnya melakukan peninjauan langsung ke area TPA Jalupang di desa Jalupang Kecamatan kalijati.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat meninjau kondisi terakhir penumpukan sampah yang telah menggunung dan mengecek serta berbincang dengan para sopir pengangkut sampah yang ditemuinya yang ternyata kebanyakan mengangkut sampah yang berasal dari berbagai wilayah di Kabupaten Subang dan berasal pula dari pabrik/industri.

Didampingi Kepala Desa Jalupang Adi Karta SP, Kang Jimat mengecek area sekitar TPA yang ternyata penggunaan lahannya baru seluas 4 hektar dari 14 hektar yang direncanakan sehingga akses jalan belum begitu kondusif serta terjadi penumpukan dalam satu area. Adapun permasalahan darurat sampah yang kini di hadapi Kabupaten Subang salah satunya karena berada dalam masa transisi pemindahan dari ke TPA Jalupang, untuk itu Kang Jimat meminta semua pihak agar bersama-sama bergotong royong dalam melewati kondisi saat ini serta Kang Jimat menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Subang saat ini sedang berupaya keras agar permasalahan sampah dapat segera teratasi.

Kang Jimat berharap pula kepada pihak PTPN agar dapat bersinergi dan bekerja sama demi kepentingan masyarakat Subang perihal penggunaan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir di Jalupang mengingat kondisi Subang yang kini sedang dalam kondisi darurat sampah.