Pendaftaran Siswa di Subang Pakai Sistem Online

Kepala Disdik Subang, E Kusdinar mengatakan, sistem online akan memudahkan siswa ketika melakukan pendaftaran.

tut wuri handayani

“Dengan sistem online, siswa tidak usah ribet mengantri. Mereka bisa pergi ke warnet atau menggunakan fasilitas intenet yang ada,” kata Kusdinar, Minggu (1/6/2014).

Tak hanya memudahkan siswa, dia menilai, sistem online akan membuat proses pendaftaran akan menjadi lebih transparan. Hasilnya pun, kata dia, akan lebih cepat diketahui.

“Nantinya, diterima atau tidaknya siswa bisa langsung ketahuan di internet. Jadi tidak ada lagi kecurangan, dalam internet semuanya terbuka. Siswa yang berprestasi pasti diterima,” tuturnya.

Penerimaan siswa berbasis online itu, menurut Kusdinar sistemnya otomatis. Jadi setiap siswa yang tidak lolos dan yang lolos akan langsung segera diketahui saat itu juga.

“Kalau nilainya baik ya pasti lolos, tapi kalau masih kurang langsung tidak lolos, atau langsung diarahkan ke pilihan kedua, yakni sekolah lain,” katanya.

Dia berharap dengan sistem baru ini, tidak ada lagi isu kolusi atau siswa ‘titipan’ yang kerap terdengar ketika proses pendaftaran dimulai. (Inilah)

“Tidak akan ada lagi isu kursi pesanan karena bisa langsung dicek hasilnya,” tuturnya.

Salah seorang warga Subang, Husaeni mengapresiasi langkah yang diambil Kusdinar. Menurutnya, dengan sistem itu akan lebih transparan dan memudahkan orang tua siswa.

Namun, menurut Husaeni, setiap sistem yang menggunakan fasilitas internet ini selalu memiliki kelemahan, oleh karena itu dirinya meminta kepada pemerintah supaya serius melakukan seleksinya.

“Jangan sampai banyak keluhan ini itu, saya harap nantinya semua fasilitas yang telah dibuat untuk penerimaan siswa baru ini bisa bekerja dengan baik,” tutupnya. (Inilah)