50 UMKM Subang Ikuti Konsultasi Pendaftaran Sertifikasi Produk dari Kemenkop UKM RI

KOTASUBANG.com, Subang – Kementerian Koperasi dan RI menggelar kegiatan konsultasi pendaftaran sertifikasi produk bagi 50 usaha mikro selama dua hari dari tanggal 25-26 Maret 2021 di Hotel Lotus, Jalan Ahmad Yani, Subang, Jumat (26/3/2021).

Kepala Bidang Kemudahan Usaha Mikro Berry Fauzi dalam laporannya mengatakan tujuan  pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan  wawasan, kemampuan para pelaku usaha Mikro  terhadap keamanan pangan, dan salah satu prasyarat untuk mendapatkan  Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (P-IRT).

“Adapun jumlah peseeta yang hadir sebanyak 50 pelaku  usaha yang berasal dari Kabupaten yang melakukan pendaftaran secara online atau merupakan hasil pendampingan dari PLUT KUKMKM Di Subang”, ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Deputi (Asdep) Perlindungan dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kemenkop RI, Rahmadi. Dalam sambutannya Rahmadi mengungkapkan kegiatan ini merupakan gagasan Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk meningkatkan peran yang ada di Kabupaten Subang, dalam meningkatkan standar produk industri rumah tangga pelaku usaha mikro, dan meningkatkan daya saing sehingga produk di Kabupaten akan meningkat.

“Tentunya saya ucapkan terimakasih atas kerjasama DKUPP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, PLUT KUMKM yang tanpa lelah ikut mensukseskan terselenggaranya kegiatan ini di tengah tantangan ekonomi dan Pandemi Covid-19,” ungkap Rahmadi.

Wakil H. Agus Masykur Rosyadi mengungkapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada pemerintah pusat khususnya kementerian koperasi dan RI, atas perhatiannya untuk Masyarakat pelaku Usaha Mikro di Kabupaten Subang.

“Dengan diadakannya kegiatan fasilitas konsultasi pendaftaran sertifikasi produk bagi usaha mikro, tentunya saja ini sangat di butuhkan dan bermanfaat bagi pelaku usaha mikro untuk meningkatkan standar produk industri rumah tangga pelaku usaha Mikro,” katanya.

Wabup menambahkan, dengan kegiatan ini diharapkan daya saing UMKM meningkat sehingga pada akhirnya omset produk UMKM di kabupaten juga akan meningkat.

Sementara itu Kementrian Koperasi dan RI pada tahun 2020 lalu telah memberikan bantuan kepada 68.932 pelaku usaha mikro (BPUM) di kabupaten sebesar Rp 164 miliar. Jumlah pelaku usaha mikro di Kabupaten Subang yang sebelumnya tercatat sekitar 29.000 terus berkembang dan kini tercatat sebanyak 120.000 pelaku usaha mikro.