Bangun Komitmen Bersama Dinas dan Civil Society Siap Majukan Kebudayaan di Kabupaten Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Webinar Kebudayaan yang diselenggarakan oleh Yayasan Eka Jaladri Nusantara (Ekstra) yang menghadirkan narasumber dari Antropolog, Pemerintah Desa, Dinas dan Juga Akademisi menyepakati komiitmen untuk bersama memajukan kebudayaan khususnya kebudayaan yang di mulai dari Desa, dalam acara webinar yang dilaksanakan pada kamis malam tersebut (18/03/2021).

Komitmen tersebut muncul ketika paparan dari setiap narasumber memiliki tujuan yang sama dan kesadaran yang sama di mana kebudayaan merupakan benteng terakhir dari kedaulatan bangsa dan negara. Selain itu, kebudayaan juga menjadi kekuatan bagi Desa-desa, karena merupakan identitas dan kepribadian bagi bangsa.

“Salah satu bentuk kekuatan desa dalam penguatan kebudayaan yaitu Lembaga Adat Desa. Jangan sampai budaya  hilang, oleh sebab itu kami perlu mempertahankan Lembaga Adat Desa”, kata Nana Mulyana Kadis PMD Kab. dalam paparannya.

Persoalan lainnya, Lembaga Adat Desa (LAD) yang ada di Kabupaten saat ini masih menjadi bagian structural yang belum berjalan sebagaimana tugas dan fungsinya sesuai peraturan yang ada.

Ketua Yayasan Ekstra Puri Ramdhani mengungkapkan LAD saat ini baru sekedar nomenklatur saja.

“Lembaga Adat Desa baru sekedar nomenklatur dan belum mampu dioperasionalkan dijalankan dengan sebagaimana mestinya sesuai yang tercantum di Permendagri no. 18 tahun 2018” ujarnya.

Selain itu, Komarudin Kades Wantilan sebagai pimpinan pemerintah Desa merasa membutuhkan bantuan untuk dapat menjalankan pemajuan kebudayaan.

“Kami di desa tidak punya kemampuan untuk mempertahankan desa, artinya kemerosotan budaya menjadi permasalahan di tingkat desa. Maka, bantu kami dengan duduk bersama mempertahankan benteng terakhir yakni kebudayaan”, ujarnya dalam tanggapannya di webinar tersebut.

Menyambut hal tersebut, Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Subang, Khadar Hendarsah mengungkapkan ajakan untuk bersama-sama memajukan kebudayaan yang ada di Kabupaten yang dimulai dari Desa.

“Mari kita dorong, pegiat muncul dari desa agar tercipta simpul kebudayaan Kabupaten secara utuh”, ungkapnya.

Setelah paparan dan diskusi moderator menanyakan kesiapan seluruh pihak yang hadir untuk kesiapan dan komitmen bersama untuk memajukan kebudayaan Desa yang ada di Kabupaten Subang. Hadirin pun menyambut dengan kesiapan dan berharap segera diadakan tindak lanjut dari webinar tersebut.