10 Wisata Subang yang Tersembunyi, No. 7 Sejuk Banget

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten memiliki potensi yang luar biasa tersebar dari pantai utara hingga pegunungan di selatan Subang. Diantara potensi wisata tersebut letaknya tersembunyi dan masih belum banyak dikunjungi. Berikut diantaranya :

  1. Pantai Cirewang. Pantai ini terletak di desa Pangarengan, Kecamatan Legonkulon. Medio 2013 lalu pantai ini mulai dikenal masyarakat sebagai destinasi wisata baru di pantai utara.  Pohon-pohon bakau yang meranggas di tepi pantai terlihat eksotis untuk dijadikan obyek foto. Demikian juga dengan perahu nelayan yang berlalu lalang diantara deretan pohon bakau disepanjang sungai menuju ke pantai Cirewang, menjadi daya tarik tersendiri untuk dipotret.
    Pantai Cirewang

     

  2. Pulau Gegara Menyan. “Pulau” Gegara Menyan, demikian warga desa Anggasari, Kecamatan Sukasari menyebutnya. Pulau ini berupa hamparan pasir yang cukup luas yang membentang dari barat ke timur. Di sebelah selatan pulau Gegara Menyan terdapat beberapa pulau kecil lainnya, diantaranya pulau Buyut yang ditengahnya terdapat makom leluhur desa Anggasari yang banyak diziarahi pengunjung. Di pulau Buyut ini sudah dibangun jembatan atau jalan dari kayu sekitar 1 km mengelilingi hutan Mangrove. Di sana pengunjung bisa menikmati suasana pantai diantara rimbunan pohon mangrove.

    Pantai Gegara Menyan
  3.  Situ/ Curug Ciwideng. Situ yang berlokasi di desa Tanjungwangi, kecamatan Cijambe tersebut sebenarnya merupakan bekas galian pasir yang tengah dalam tahap reklamasi. Lokasi ini mulai dikunjungi sekitar tahun 2020 lalu dan sempat viral dimedia sosial. Potensi wisata yang terdapat di sana adalah danau buatan bekas galian pasir dengan  4 buah air terjun kecil yang airnya tumpah ke dalam danau. Di sana pengunjung bisa naik perahu mengelilingi danau. Di situ Ciwideng juga terdapat sumber mata air yang kini telah ditampung ke dalam kolam renang anak-anak.

    Situ Ciwideng
  4. Pasir Heulang. Bukit Pasir Heulang terletak di desa Bantarsari, Kecamatan Cijambe. Di puncak Pasir Heulang pengunjung bisa menikmati indahnya matahari terbenam dari atas bukit. Wisatawan bisa saja bermalam dengan camping di sana sambil menikmati indahnya city lights kota Subang dari kejauhan. Ingin mengalami sensasi yang lebih menarik? wisatawan bisa mencoba jeep tor dari pusat kota Subang menuju ke sini. Dengan mengambil titik start dari Lodjie Batik di seberang tugu Benteng Pancasila.

    Puncak Pasir Heulang
  5. Pilar Banjaran. Terletak di desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, lokasi wisata ini menawarkan keindahan sunrise dan sunset sekaligus. Di sisi timur bukit pengunjung bisa menikmati indahnya sunrise dengan hamparan awan putih di kaki pegunungan. Tampak jelas deretan pegunungan Subang selatan seperti gunung Canggah dan Bukit Tunggul. Sementara itu, ketika senja tiba, wisatawan bisa menyaksikan indahnya sunset, melihat matahari terbenam diufuk barat, diantara perbukitan. Di bawah bukit tampak deretan rumah-rumah warga desa Cirangkong.

    Pilar Banjaran
  6. Mata Air Tajaherang. Merupakan salah satu sumber mata air yang tengah dikembangkan menjadi destinasi yang berlokasi di kampung Ciseuti, Desa/ Kecamatan Jalancagak. Mata air yang keluar dari sela bebatuan di kaki bukit, di salurkan kedalam 2 buah kolam yang bisa digunakan untuk bermain-main.Kolam nya tak terlalu dalam, sehingga anak-anak kecil juga bisa mermain-main air di sana. Namun perlu sedikit hati-hati karena dasar kolam masih berupa bebatuan, jika tak hati-hati kaki bisa terluka.
  7. Mata Air Cimutan.Salah satu sumber mata air alami yang kini mulai banyak dikunjungi adalah sumber mata air Cimutan di desa Cisaat, Kecamatan .  Air jernih yang mengalir dari sumber mata air di bawah rimbunnya pohon bambu dialirkan ke kolam-kolam kecil di sekitar sumber mata air tersebut. Para pengunjung bisa bermain-main air di beberapa kolam tersebut. Kolamnya tak terlalu dalam, berkisar 50-160 cm saja. Suasana sekitar kolam juga tampak asri dengan rimbuan pepohonan. Letaknya yang tersembunyi di pinggiran kampung dengan rimbunan pohon membuat mata iai ini seperti hidden paradise.
  8. Paniisan Pinus Cigore. Potensi wisata ini berlokasi di kampung Cigore, Desa Tenjolaya, Kecamatan . Hutan pinus seluas 4 hektar di sulap menjadi tempat wisata keluarga yang sejuk. Wisatawan bisa bersantai di bawah teduhnya pohon-pohon pinus sambil menikmati kuliner yang dijajakan. Pengunjung juga bisa berselfie ria di spot-spot selfie yang tersedia. Bagi yang ingin menjajal adrenalin, wisatawan bisa seru-seruan dengan kendaraan ATV yang disewakan.
  9. Curug Cisanca. Merupakan sebuah curug mungil di tengah hutan dan kebun di Kecamatan . Curug ini diapit oleh 2 curug lainnya yang mengalir ke dalam sebuah kubangan air yang jernih. Curug ini terletak di perbatasan desa Cibeusi dan Cibitung, mudah diakses melalui kampung Neglasari desa Cibeusi.Wisatawan bisa bermain-main air di bawah curug di tengah sejuknya udara pegunungan.
  10. Curug Cina.  Curug ini terletak di desa , Sagalaherang. Hanya berjarak sekitar 13 Km dari pusat kota Subang melalui jalan desa Parung – Curug Agung. Yang unik, di dekat curug ini terdapat sumber mata air hangat. Jika ditata dengan membuat kolam rendam di sekitar curug akan menjadikan nilai tambah bagi objek wisata ini.