Ingin Terus Sehat ? 5 Tips Terhindar Penyakit di Musim Hujan dan Pandemi

KOTASUBANG.com, Subang – Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis, terdiri dari 2 musim yaitu musim panas dan musim hujan. Musim panas biasanya terjadi pada bulan juni hingga bulan November. Sementara musim penghujan biasanya terjadi pada bulan nobvember sampai ke bulan Mei.

Pada bulan ini Maret 2021, Indonesia sedang dilanda musim hujan yang intensitasnya cukup tinggi. Bencana banjirpun menghantui dibeberapa wilayah Indonesia mulai dari pantura jawa hingga banjir yang dasyat di Kalimantan. Tentu banyak sekali dampak yang diakibatkan dari adanya musim hujan yang panjang ini. Dilansir dari halaman situs BMKG bahwasannya musim hujan tahun ini akan berakhir dibulan Mei 2021.

Musim hujan selalu di identikan dengan musimnya penyakit. Di musim hujan ini juga biasanya penyakit itu menyerang tubuh manusia karena daya tahan tubuh yang menurun. Nah, berikut ini penulis akan memberikan agar tubuh kita bisa terhindar dari penyakit yang hinggap dimusim hujan.

  1. Makan makanan yang mengandung gizi tinggi dan perbanyak minum air putih

Dikutip dari “hallodoc.com” bahwa makanan yang bergizi tinggi bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Melansir dari Harvard medical school bahwa makanan yang bergizi mulai dari makan sayuran dan buah buahan bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Di musim Pandemic virus corona (Covid 19) ini pula makan makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh bisa mencegah datangnya virus yang berbahaya.  Nah tidak ada salahnya kan bagi kita untuk mengkonsumsi makanan yang organik yang tentunya baik untuk tubuh kita. Memperbanyak minum mulai dari 1 gelas air saat bangun tidur dan minimal 2 gelas air minum di siang hari juga dapat mempertahankan tubuh agar lebih sehat. Tubuh kita setiap hari itu minimal harus minum setidaknya 8 gelas air setiap hari.  Namun, hindarilah minuman yang mengandung terlalu banyak gula seperti cola dan soda.

  1. sebisa mungkin

Olahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena bisa menjaga fungsi tubuh agar tetap prima. Lakukanlah olahraga seperti lari pagi ataupun push up selama beberapa menit. Hal tersebut guna meningkatkan fisik agar selalu tetap baik. “Mens sana in corfore sano” begitulah sebuah kalimat dari Bahasa latin yang artinya didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan demikian menjaga kesehatan dengan berolahraga tidak ada ruginya kita coba kan.

  1. Jaga pola tidur agar lebih fresh saat bangun

Menjaga pola tidur juga dirasa sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidur yang baik itu selama 8 jam. Dengan menjaga pola tidur yang baik, tubuh akan rehat, sehingga nanti disaat bangun tidur tubuh akan merespon dengan semangat karena sebelumnya di istirahatkan selama 8 jam.  Lantas jam berapa baiknya tidur ?  waktu yang baik untuk tidur yaitu mulai jam 9 malam hingga bangun jam 4 pagi. Setelah bangun tidur jam 4 pagi itu usahakan pula agar melakukan persiapan ibadah bagi yang beragama islam. Konon wajah kita akan berseri atau bersinar kalau kita bangun pagi dan melaksanakan sholat subuh. Tapi jangan lupa ya, agar mandi pagi dulu biar badan segar.

  1. Jaga kebersihan lingkungan dan badan

Nah, di tips yang ke empat ini adalah kunci utama dari kesehatan. Kenapa ? karena jika lingkungan kita bersih maka bibit penyakit akan tidak ada. Di musim penghujan ini biasanya banyak sekali genangan dan sampah sampah yang terbawa oleh aliran air. Ada baiknya yah, kita melakukan lebersihan lingkunngan dulu. Hal yang paling mudah dilakukan yaitu dengan membuanag sampah pada tempatnya, dan tidak melakukan buang sampah ke sungai. Membersihkan parit dan menjaga kebersihan diri setelahnya dirasa akan sangat efektif sekali dalam mencegah datangnya penyakit yang tidak di inginkan. Dimusim pandemic ini pula jangan lupa terapkan protocol kesehatan dan selalu menjaga jarak aman saat berinteraksi dengan orang lain yah.

  1. Jaga emosi dan kesehatan mental

Pandemic yang terjadi di dunia yang pana ini merupakan salasatu bencana yang mengerikan yang sedang terjadi selama satu tahun ini. Banyak sekali yang terdampak dari adanya pandemi yang mengerikan ini. Mulai dari ekonomi yang lesu dan sektor lain yang terdampak. Dimana-mana orang terdampak hingga banyak orang pula yang kesehatan mentalnya terganggu. Ada baiknya pula kita menjaga emosi dan mental kita.  Apa yang harus dilakukan ? langkah yang paling ampuh yang bisa dilakukan yaitu dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan semakin seringnya kita melakukan ibadah kepada sang pencipta, maka emosi kitapun akan teredam, dari sanalah pula mental yang sehat akan terbentuk.

Demikianlah 5 tips yang dapat penulis berikan semoga bermanfaat untuk kita semua. Dimusim hujan yang disertai dengan adanya pandemi ini memang menjaga kesehatan sangatlah dibutuhkan. Yuk mari kita lakukan tips diatas. (Suhendar/ Citizen Journalism).