Megah ! Begini Penampakan Progres Pembangunan Pelabuhan Patimban yang Bakal Saingi Singapura

KOTASUBANG.com, Subang – Setelah soft launching pengoperasian 20 Desember 2020 lalu oleh Presiden Joko Widodo pembangunan pelabuhan internasional memasuki fase kedua.

Pelabuhan Patimban dibangun bertahap hingga tahun 2027 mendatang. Pembangunan tahap I meliputi area terminal, breakwater, seawall, revetment, jalan akses, jembatan penghubung, dan terminal kendaraan seluas 25 hektare.

Pada fase selanjutnya di tahun 2021-2024, akan dibangun sebanyak kurang lebih 66 hektare dan tambahan untuk car terminal dengan kapasitas 600 ribu kendaraan bermotor (CBU). Tahap selanjutnya tahun 2024-2025 dilakukan pembangunan terminal peti kemas dengan kapasitas kumulatif kargo sebanyak 5,5 juta TEUs. Tahap akhir di tahun 2026-2027, dilakukan pembangunan berupa terminal peti kemas dengan kumulasi kapasitas sebanyak 7,5 juta TEUs dan 600 ribu CBU.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Pelabuhan Patimban bisa menyaingi pelabuhan kelas internasional di Shanghai, China dan Singapura asalkan operasional logistik di Pelabuhan Patimban harus bersinergi dengan Pelabuhan Tanjung Priok.

“Apabila kita bisa mensinergikan dengan Pelabuhan Tanjung Priok, maka kita bisa mengalahkan atau mungkin menyamai Shanghai dan Singapura,” kata Budi Karya saat Public Expose Pelabuhan Patimban yang dipublikasikan secara virtual, Kamis (7/1/2021).

Pelabuhan Patimban ditargetkan memiliki akses yang besar, yaitu tak hanya didukung oleh Pelabuhan Tanjung Priok, tapi juga dekat dengan Bandara Internasional di Kertajati, Majalengka dan titik-titik industri di Jawa Barat, seperti Karawang, Sumedang, Majalengka, dan kawasan Rebana lainnya.

Sumber : cnnindonesia.com