6 Tempat Wisata Sejarah di Malang yang Menarik untuk Didatangi

Sejarah memanglah hal yang harus dipelajari dan tidak boleh dilupakan. Indonesia sendiri merupakan negara yang mempunyai banyak sejarah. Bahkan hampir semua kota di Indonesia mempunyai sejarahnya masing-masing. Tidak banyak orang yang mengetahui, jika Malang adalah salah satu kota yang menyimpan banyak sejarah sehingga patut untuk dijadikan sebagai objek wisata sejarah para wisatawan, termasuk Anda.

Memang jika mendengar nama kota Malang dan wisatanya, yang terlintas di pikiran banyak orang atau para wisatawan adalah tempat wisata alam yang indah. Namun seiring berjalannya waktu, kini ada lebih banyak alternative tempat wisata di kota Malang, contohnya berbagai tempat wisata sejarah tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin liburan ke Malang dan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, namun masih bingung akan kemana saja. Anda tidak perlu khawatir, karena di sini akan membahas mengenai berbagai tempat wisata sejarah yang tidak Anda lewatkan. Berikut pembahasannya.

6 Tempat Wisata Sejarah di Kota Malang yang Harus untuk Dikunjungi

  1. Museum Mpu Purwa

Museum ini merupakan museum yang memiliki berbagai macam benda cagar alam yang ditemukan di Malang. Maka tidak heran jika museum ini sangat bagus dan menarik untuk dijadikan sebagai objek wisata sejarah. Benda-benda sejarah yang bisa Anda lihat di sini seperti fragmen bangunan, benda untuk sarana pemujaan megalithikum, arca, hingga naskah kuno. Berbagai peninggalan sejarah tersebut adalah hasil dari pengumpulan pada masa penjajahan Belanda. Di museum ini terdapat 136 koleksi peninggalan kerajaan Majapahit dan Mpu Sendok. Jika Anda ingin ke museum ini, Anda bisa datang ke Jl. Soekarno Hatta, No.210, Mojolangu, Lowokrawu.

  1. Gereja Ijen

Gereja Ijen ini adalah salah satu bagunan gereja peninggalan kolonial Belanda. Bangunan bersejarah ini berada di Jl. Guntur No.2, Kota Malang dan letaknya ada di tengah kota sehingga sangat mudah akses untuk mengunjunginya. Awalnya Gereja Ijen ini bernama Theresiakerk dari Bahasa Belanda yang mempunyai arti Gereja Santa Maria. Namun, menjadi Gereja Ijen karena letak gereja yang dekat dengan jalan Ijen. Gereja ini mempunyai daya tarik pada arsitekturnya yang kental dengan suasana Eropa.

  1. Monumen Juang

Monumen yang letaknya di depan stasiun kota Malang ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebagai objek wisata sejarah. Monumen ini dibuat untuk menjadi pengingat perjuangan dari rakyat Indonesia melawan penjajah secara bersama-sama. Monumen Juang dibangun pada sekitar tahun 1975 oleh pemerintah.

  1. Candi Jago

Kota Malang merupakan salah satu daerah yang banyak peninggalan Candi. Hal itu karena Malang dulunya adalah lokasi dari kerajaan Majapahit dan Singhasari. Candi di Malang yang cukup terkenal adalah Candi Jago. Candi ini berada di Dusun Jago, Tumpang, Kab. Malang. Candi ini sendiri adalah peninggalan dari kerajaan Singhasari. Candi Jago mempunyai banyak daya tarik, mulai dari arsitekturnya yang terlihat indah karena relief-reliefnya yang bernilai seni tinggi. Bahkan setiap relief mempunyai cerita mengenai kehidupan di masa lampau yang adalah sejarah di dalam agama Hindu.

  1. Museum Singhasari

Destinasi wisata sejarah selanjutnya yang harus Anda kunjungi saat berada di Malang adalah Museum Singhasari. Museum yang diresmikan pada tahun 2015 silam ini bisa sekaligus menjadi wisata edukasi untuk anak. Museum ini dijadikan sebagai wadah dari berbagai benda bersejarah masyarakat sekitar. Sesuai dengan namanya, museum Singhasari ini kini banyak menyimpan peninggalan dari kerajaan Singhasari. Jika Anda ingin berkunjung ke museum ini, Anda bisa datang ke Desa Klampok, Singosari, Malang.

  1. Pertitaan Watu Gede

Malang juga mempunyai objek wisata sejarah yang berbentuk pemandian. Konon ceritanya, Peritaan Watu Gede ini adalah pemandian para putri raja pada zaman berkuasanya Ken Arok. Objek wisata ini terletak tidak begitu jauh dari stasiun Singosari, lebih tepatnya di perbatasan Watu Gede dan Desa Pagetan.

Nah, itulah 6 tempat wisata sejarah yang ada di kota Malang dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Jangan lupa jika ingin liburan ke Malang, siapkan segala keperluan dengan matang termasuk transportasinya. Untuk lebih cepat sampai, Anda tentu bisa naik pesawat. Jika ingin beli tiketnya dengan mudah, Anda bisa pesan dan beli https://www.traveloka.com/id-id/tiket-pesawat. Semoga bermanfaat!