Ridwan Kamil : Bendungan Solusi Banjir Pantura Subang

KOTASUBANG.com, Subang  – Gubernur Ridwan Kamil, Selasa (9/2/2021) melakukan tinjauan langsung ke lokasi banjir terparah kecamatan Pamanukan, .

Usai melakukan peninjauan kang Emil mengungkapkan akan segera melakukan perbaikan tanggul yang jebol diterjang arus banjir.

Untuk solusi jangka menengah dan jangka panjang, Gubernur mengungkapkan akan membangun beberapa bendungan.

“Jangka menengahnya solusi banjir yaitu Bendungan Sadawarna sudah 50 persen. Mohon doanya karena menjadi solusi supaya banjir tahunan di Subang dan sekitarnya bisa dikendalikan lebih baik, 50 persennya lagi akan selesai di akhir tahun depan,” katanya.

Sementara itu untuk jangka panjang direncanakan akan membangun bendungan Cipunagara dan Cibeet.

Sementara itu seusai tinjauan Gubernur Jawa Barat dan Pangdam III Siliwangi ke Lokasi , H. beserta unsur Forkopimda Kabupaten Subang langsung mengadakan briefing lapagan terkait penanganan banjir di Aula Kecamatan Pamanukan.

Briefing tersebut dilakukan terkait tindak lanjut penanganan banjir di pamanukan salah satunya tentang penyediaan lahan untuk tempat pengungsian dimana tempat yang saat ini digunakan sebagai penampungan pengungsi dirasakan sudah kurang memadai baik secara kualitas maupun daya tampungnya. ” Kalau untuk masalah tempat pengungsian akan kami carikan solusi pemindahan tempat pengungsian ke tempat yang lebih baik bila perlu menggunakan sebuah lahan baru untuk fasilitas pengungsi.” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut pula dibahas tentang penanganan kesehatan bagi korban banjir ditengah yang masih melanda, maka salah satu upaya prioritas yang dilakukan adalah dengan langsung membagikan masker bagi para korban di area terdampak bencana maupun tempat-tempat pengungsian.

Adapun briefing tersebut dihadiri oleh Kapolres , Dandim, Danlanud serta dinas terkait dalam penanganan banjir.