Keren ! Sastrawati Subang Risnawati, Raih Hadiah Samsudi pada Anugerah Sastra Rancagé 2021

KOTASUBANG.com, Subang – Kabar membanggakan datang dari dunia sastra Kabupaten . Sastrawati Subang, Risnawati, berhasil meraih penghargaan bergengsi Hadiah Samsudi pada Anugerah Sastra Rancagé tahun 2021 yang digelar, Minggu (31/1/2021). Hadiah sastra ini dinamakan Hadiah Samsudi, untuk mengenang pengarang Sunda hebat yang banyak menulis novel anak-anak dan remaja.

Penghargaan atau Hadiah Sastra Rancage diberikan kepada orang-orang yang dianggap telah berjasa bagi pengembangan bahasa dan sastra daerah. Penghargaan bergengsi ini sudah digelar sejak tahun 1989.

Risnawati mengungkapkan apresiasinya atas terpilihnya hasil karyanya menjadi salah satu pemenang dalam penghargaan tersebut.

“Saya merasa sangat berterima kasih kepada Yayasan Kebudayaan Rancage yang selama 33 tahun memberikan anugerah sastra kepada para pengarang sastra daerah. Dan setelah 33 tahun saya mendapat kehormatan untuk menjadi salasatu pemenangnya. Ini sungguh diluar dugaan, karena ini novel anak-anak pertama yang saya tulis,” ungkap guru SMPN 4 Subang ini.

Risnawati mengungkapkan, dirinya menulis novel berjudul “Pelesir ka Basisir” berangkat dari keprihatinannya karena anak-anak remaja Sunda sekarang sudah banyak yang tidak mengenal masayarakat Sunda, baik itu bahasanya, alamnya, kulinernya, permainan tradisionalnya, dan sebagainya. Mereka lebih suka main game dan sehari-hari sibuk dengan gadgetnya.

Menurut Risnawati sastra Subang sangat berpotensi berkembang, apalagi dengan gerakan literasi sekolah yang semakin mengebu. Banyak lahir pengarang-pengarang dari kalangan guru, dan melahirkan karya-karya yang bagus.

“Saya optimis, ke depannya anak-anak akan menyukai bacaan. Tinggal mengemasnya saja, bagaimana caranya kita dalam membuat karya masuk ke dalam dunia mereka, bukan mereka yang harus masuk ke dunia kita,” katanya.

Sementara itu Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Khadar Hendarsyah mengungkapkan apresiasinya atas diraihnya penghargaan bergengsi ini.

“Selamat buat ibu Risnawati, ini merupakan hadiah istimewa bagi Kabupaten Subang, menjelang peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh pada bulan Februari ini,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan diraihnya penghargaan ini, menjadi pemicu untuk semakin berkembangnya karya sastra dan literasi di Kabupaten Subang.