Oni SOS Anggota DPD RI Asal Subang, Kembangkan Taman Anggur di Desanya

KOTASUBANG.com, Subang – Siapa tak mengenal Oni Suwarman atau lebih dikenal dengan Oni SOS. Diluar kesibukannya sebagai anggota DPD RI ternyata kini dirinya tengah merintis mengembangkan pertanian di kampung halamannya, desa Balingbing, Kecamatan Pagaden Barat dengan nama O & I Farm.

Berbagai jenis tanaman pertanian dan peternakan tengah dikembangkan di lahan miliknya mulai dari ternak ikan lele, bebek, rambutan, hidroponik, pembuatanĀ  media tanam organik dan yang menjadi unggulannya budidaya tanaman anggur.

“Ratusan bibit anggur sudah ditanam sejak lebih 2 bulan yang lalu di sini. Bibit anggur ini merupakan jenis anggur dari berbagai negara diantaranya dari Oman dan Ukraina, ” katanya.

Dirinya mengaku mendapatkan ide untuk mengembangkan budidaya anggur dan membuat taman anggur terinspirasi dari tayangan Youtube.

“Di Subang kan belum ada yang membuat taman anggur seperti ini. Kedepan akan lebih dikembangkan dengan cafe, rumah makan dan spot-pot selfie yang instagramable,” katanya.

Selain anggur, ia juga menginginkan untuk menanam kurma dan buah tin di kebunnya.

“Saya ingin mencoba menanam pohon yang disebutkan di dalam Alquran,” ujarnya.

Selain sibuk merintis O & I Farm, kang Oni juga ternyata memiliki grup seni angklung binaannya. Selain angklung ia juga memiliki sanggar seni Sisingaan yang melatih anak-anak desa setempat sebagai bentuk kecintaan terhadap budaya dan daerahnya. Grup seni ini seringkali ditampilkan dalam berbagai kegiatan di sana.