Inti Beragam Spesifikasi dan Kelebihan yang Ditawarkan Samsung J5 Terbaru

Sumber foto: mobizoo.com.br

Samsung J5 merupakan salah satu Samsung kelas menengah dari Korea Selatan yang saat ini telah banyak menyita perhatian masyarakat. Seperti yang kita tahu, Samsung saat ini tidak hanya memproduksi smartphone kelas premium seperti galaxy S9. Perusahaan satu ini juga memproduksi ragam smartphone kelas menengah yang tentunya memiliki harga cukup terjangkau, ditambah dengan spesifikasi yang unggul.

Salah satu andalan smartphone Samsung yang paling banyak dicari yaitu seri J5. Untuk harganya sendiri bisa dibilang tidak akan menguras kantong Anda. spesifikasi yang ditawarkan pun sangat lengkap dan tidak kalah canggih dengan smartphone kelas atas pada umumnya. Lalu apa saja sebenarnya spesifikasi dari smartphone satu ini yang membuatnya banyak digemari? Simak penjelasan berikut ini.

  1. Desain dan Layar

Spesifikasi pertama yang dimiliki oleh Samsung yaitu terdapat pada desain body dan juga tipe layarnya. Untuk desain sendiri, Samsung selalu memiliki karakteristik unik tersendiri. Bisa kita lihat pada Samsung J5 memiliki desain yang dikelilingi cukup banyak bezel. Selain itu juga ada lubang suara diatas layar dan ada juga kamera yang menghadap ke arah depan dengan sensor jarak.

Smartphone satu ini hadir dengan berbagai pilihan warna body, yaitu hitam, gold, dan putih. Ukuran smartphone ini yaitu sekitar 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan berat sekitar 146 gr. Layar dari smartphone ini berukuran sekitar 5 inci dan dilengkapi dengan teknologi layar sentuh super AMOLED. Selain itu, resolusi layar juga sangat besar yaitu 720 x 1280 HD dengan kerapatan warna 16m

  1. Dapur Pacu

spesifikasi yang kedua terdapat pada sistem dapur pacunya. Pada smartphone satu ini sistem dapur pacu dibekali dengan Qualcomm Snapdragon MSM8916 410 dengan Quad-Core Cortex-A53 CPU Clock 1,2 GHz. Ditambah lagi dengan Andreno 306 GPU yang berkombinasi dengan adanya RAM 1,5 GB. Untuk memory internal, Samsung ini dibekali sebesar 8 GB dan masih bisa diperluas lagi dengan slot microSD sampai dengan 128 GB.

Samsung jenis satu ini berjalan dengan sistem operasi Android 5.1 atau biasa disebut Lollipop. Tidak berhenti sampai disitu, sistem Samsung masih bisa ditingkatkan menjadi 6.0.1 atau biasa disebut Marshmallow. Pada bencmark sintetis, kinerja dari Galaxy J5 ini bisa disetarakan dengan perangkat lain yang menjalankan sistem Snapdragon 410 dan menangani berbagai game 2D maupun 3D.

  1. Kamera

Spesifikasi paling menarik dari Galaxy J5 yaitu terletak pada kameranya. Pada smartphone satu ini, Samsung menyematkan kamera dengan ukuran yang cukup besar yaitu beresolusi 13 mp. Bukaan pada kameranya berkisar pada F/1.9 dan berukuran 28 mm. Ditambah lagi dengan fitur autofokus, LED flash tunggal, tentu akan menambah estetika hasil foto Anda.

Smartphone satu ini juga dibekali dengan kamera depan sebesar 5 MP dan bukaan F/2.2, 23 mm, LED Flash. Seperti yang Anda ketahui, dengan berbekal segala fitur kamera seperti yang telah disebutkan, Anda bisa dengan mudah memotret segala hal dimana pun dan kapan pun. Selain itu, dijamin semua hasil foto akan jauh lebih bagus dan bisa setara dengan hasil foto smartphone mahal lainnya.

Kapan lagi Anda bisa memotret bagus dengan smartphone yang sangat terjangkau bukan. Selain foto, Anda juga bisa mengabadikan momen menggunakan video yang tentunya tidak kalah keren hasilnya. Dengan kualitas super yang dimiliki oleh Galaxy J5, Anda bisa membuat sebuah MV sederhana yang tetap kece.

  1. Baterai

Galaxy J5 menawarkan baterai yang cukup kuat dan tahan lama dengan daya sebesar 2600 mAh. Meskipun smartphone satu ini menggunakan sistem dual kartu SIM, Anda masih bisa menggunakannya 5 sampai 6 jam, selain itu juga bisa dengan mode stand by selama 20 jam.

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa waktu pengisian yang dibutuhkan oleh smartphone satu ini cukup panjang, yaitu sekitar tiga jam dengan standar arus 5V/2A charger. Spesifikasi ini tentu masih menguntungkan jika dibandingkan dengan harganya yang sangat terjangkau.

  1. Konektivitas

Spesifikasi selanjutnya yaitu terdapat pada konektivitas yang disematkan pada Galaxy J5. Galaxy J5 memiliki beragam konektivitas canggih yaitu Wi-Fi 802,11 B/G/N, Wi-Fi Direct, Hotspot, Bluetooth 4.1, A2DP, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS. Selain itu untuk tipe USBnya, Galaxy J5 memiliki tipe MicroUSB 2.0, USB On-The-Go.

Untuk jaringannya sendiri, Galaxy J5 telah dibekali dengan koneksi 4G LTE Band 1, 3, 5, 7, 8, 20, dengan kecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps. Selain itu, smartphone ini juga bisa mendukung perangkat USB OTG.

  1. Harga

Pada dasarnya Samsung telah merilis 2 generasi galaxy J5 sehingga harganya belum bisa dilihat secara resmi. Akan tetapi harga saat ini untuk galaxy J5 bisa dilihat di berbagai e-commerce. Nah disitu bisa dilihat bahwa harga Samsung ini berkisar antara 1 hingga 1 setengah jutaan rupiah. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah jika membelinya secara second ataupun batangan.

Tentu cara membeli seperti ini harus lebih hati-hati. Untuk harga Samsung bekas biasanya Anda bisa membelinya dengan harga berkisar 900 ribuan saja. Anda juga bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah dari itu jika membelinya dengan tanpa box atau biasa disebut smartphone batangan. Anda hanya perlu pintar-pintar memilah barang mana yang masih bagus dan masih bisa digunakan kembali. Hati-hati tertipu barang palsu.

Rawat HP Samsung Anda Agar Tidak Cepat Rusak

Bagi Anda yang telah membeli smartphone dengan merk Samsung tentu menginginkan smartphone tersebut awet bukan. Ada banyak tips yang bisa Anda terapkan agar smartphone bisa awet dan tidak mudah rusak. Akan tetapi Anda juga harus konsisten melakukannya secara rutin agar smartphone tetap terjaga dan tidak turun performanya. Maka dari itu simak tips-tips dibawah ini dengan baik dan benar.

  • Perawatan Layar Smartphone

Perawatan pertama dan paling banyak disepelekan yaitu terdapat pada layar smartphone Anda. layar merpakan salah satu komponen dari smartphone yang cukup rentan akan kerusakan maupun goresan. Pastikan Anda memasang antigores terbaik, agar layar tetap terjaga kemulusannya.

Dengan menggunakan anti gores yang benar, maka layar smartphone akan terlindung dari adanya benturan maupun goresan lainnya. Selain itu jangan mendekatkan smartphone Anda ke benda yang di dalamnya terdapat medan magnet, sebagai contohnya pada televisi, radio, dan alat elektronik lainnya.

Jangan menyimpan smartphone Anda ke tempat yang rawan tertekan atau terjepit agar layar tetap terjaga keutuhan nya. Jangan menekan LCD terlalu kencang dan jangan simpan smartphone dibawah sinar matahari secara langsung, hal ini tentunya sangat berbahaya karena bisa menurunkan kualitas layar LCD Anda.

  • Perawatan Body

Perawatan tahap kedua yaitu terdapat pada bodynya. Bagi Anda yang ingin smartphone tetap awet dari segala benturan, tentu harus memperlakukan perangkat secara hati-hati. Jangan lupa untuk selalu menggunakan pelindung smartphone dimana pun dan kapan pun.

Hal ini sangat penting untuk menghindari adanya risiko smartphone jatuh, terbentur, atau kecelakaan lainnya. Gunakan bahan pelindung smartphone yang sangat kokoh dan aman. Anda juga bisa menggunakan tali smartphone atau juga gantungan smartphone.

Disarankan untuk Anda agar menggunakan softcase daripada hardcase, karena softcase lebih aman dan lebih baik saat menahan benturan benda luar. Jangan lupa juga untuk membersihkan body smartphone Anda secara berkala untuk menjaga agar debu tidak masuk ke area mesin. Debu yang masuk akan menghambat kinerja mesin di dalamnya.

  • Perawatan Software atau Perangkat Lunak

Selanjutnya yaitu perawatan perangkat lunak atau software yang terdapat di dalam smartphone Anda. perawatan ini sangat penting untuk Anda lakukan, karena efek yang ditimbulkan bisa langsung berpengaruh pada sistem kerja yang Anda miliki. Ketika software smartphone rusak, maka Anda tidak akan bisa menggunakan semua perangkat lunak yang ada di dalam smartphone.

Biasanya software bisa rusak jika terkena virus atau malware berbahaya. Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang anti virus pada smartphone yang bisa Anda peroleh secara gratis di Google Play Store. Dengan menggunakan anti virus, tentu software Anda akan aman dari segala macam kerusakan. Smartphone akan tetap berjalan dengan lancar tanpa ada kendala apapun.

  • Perawatan Baterai

Perawatan yang terakhir yaitu terdapat pada baterai smartphone Anda. Anda harus paham benar perawatan yang cocok untuk tipe smartphone Anda. ada banyak cara untuk merawat smartphone agar tetap awet. Jangan mainkan smartphone Anda ketika sedang di charger. Tentunya hal ini sangat berbahaya dan bisa membuat smartphone menjadi overheat sehingga daya tahan baterainya menjadi berkurang, melemah, dan akhirnya mati.

Jangan pernah menggunakan charger yang abal-abal. Ada baiknya Anda menggunakan charger original yang masih bagus untuk menghindari adanya kerusakan pada baterai smartphone. Hal ini biasanya disebabkan karena tegangan yang dihasilkan oleh charger abal-abal kurang stabil, sehingga lama kelamaan kinerjanya bisa menurun. Jangan asal mencabut charger jika baterai belum sepenuhnya terisi, pastikan daya terisi penuh ketika Anda mencabut charger.

Matikan juga smartphone Anda ketika sedang mencharge. Selain itu, sangat penting bagi Anda untuk mengistirahatkan smartphone dengan mematikannya secara total. Untuk baterai yang bisa dilepas pasang, Anda bisa mengistirahatkannya dengan cara mencabut baterai yang ada.  Dengan melakukan hal ini tentu seluruh komponen yang ada di smartphone bisa beristirahat dengan total dan bisa mendinginkan smartphone dari aliran listrik panas.

Selain itu yang paling penting dari semua hal tersebut yaitu jangan pernah menggunakan power bank ketika sedang mengecharge kecuali sedang dalam keadaan darurat saja. Dengan menggunakan powerbank yang memiliki merk abal-abal,bisa membuat baterai smartphone lebih cepat drop. Tentunya Anda tidak mau bukan smartphone kesayangan menjadi rusak hanya karena terlalu sering mencharge menggunakan powerbank.

Nah, seperti itulah sedikit informasi mengenai spesifikasi Samsung J5 dan tips merawatnya dengan baik dan benar. sebelum membeli smartphone tersebut, ada baiknya untuk Anda agar mencari informasi lebih dalam mengenai spesifikasi dan cara merawatnya. Hal ini tentu untuk menghindarkan Anda dari segala macam kendala nantinya. Jangan lupa juga untuk berhati-hati jika ingin membeli Samsung J5 secara bekas, cek dan teliti terlebih dahulu spesifikasi smartphone tersebut sebelum Anda membelinya. Selamat mencoba! Semoga berhasil!.