Hari Ini Presiden Jokowi Resmikan Pelabuhan Patimban Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Pelabuhan Internasional akhirnya diresmikan pengoperasiannya mulai hari ini, Minggu (20/12/2020). Softlaunching pengoperasian perdana pelabuhan ini rencananya akan dilakukan oleh presiden Joko Widodo, minggu siang.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus H. Purnomo mengungkapkan pembangunan car terminal Pelabuhan Internasional Patimban telah selesai dan siap dioperasikan secara terbatas. Pada kegiatan soft launching dan pengoperasian Patimban, akan dilaksanakan ekspor perdana 140 unit mobil menggunakan Kapal MV Suzuka Express milik PT Toyofuji Shipping Co.,Ltd dengan tujuan Brunei Darussalam.

“Saat ini Kapal MV Suzuka Express telah sandar di yang dikawal langsung oleh 2 Kapal Patroli milik KPLP, yaitu KN Alugara dan KN Celurit saat masuk alur laut Pelabuhan Patimban,” katanya Sabtu (19/12/2020).

Sebagai informasi, pelabuhan Patimban merupakan proyek strategis nasional yang mulai dibangun sejak tahun 2018. Pelabuhan ini digadang-gadang bakal menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia jika selesai seluruhnya.