Subang Youtube Fest Sukses Digelar, Youtube Rewind Subang 2020 Bikin Tercengang

KOTASUBANG.com, Subang Youtube Fest 2020 sukses digelar, Minggu (13/12/2020). Sekitar 50 member youtuberssubang hadir di Beater Bean Cafe untuk ikut meramaikan acara Subang Youtube Fest 2020 yang untuk pertama kalinya di gelar di Kabupaten Subang ini. Perhatian luar biasa ditunjukan oleh seluruh konten kreator yang berasal dari berbagai daerah di Kabupaten Subang, Subang Selatan, Subang Tengah hingga Subang Utara dengan datang langsung ke lokasi acara.

Para Youtuber ini datang ke acara kompak menggunakan kaos dan masker eksklusif Youtube Rewind 2020 yang memang sudah habis dipesan sebelum berlangsungnya acara. Inisiatif menjual masker dilakukan, selain menambah biaya operasional acara, juga untuk menjalankan Protokol Kesehatan. Hal ini merupakan bentuk kepedulian komunitas pada Kondisi Darurat COVID-19 yang sedang terjadi di Kabupaten sekarang ini.

Acara ini juga disiarkan secara Live Streaming di kanal Youtube: Youtubers mulai dari jam 2 siang sampai dengan jam 5 sore WIB. Berbagai acara dilaksanakan dalam Subang Youtube Fest 2020 pertama ini, diantaranya ada Talkshow ICING (Ini Cuma Ingin Ngobrol), Game Interaktif, Live Music, Live Show, Youtubers Subang Awards dan diakhiri dengan Nobar Youtube Rewind Subang 2020.

Dalam Talkshow ICING segmen pertama, ada 4 member yang menjadi narasumber, mereka adalah member yang sudah sejak 2018/2019 bergabung dalam Youtubers Subang dan aktif membuat konten. Mereka adalah Ezi Aditya, Coker Prakoso, Dede Iherr dan Yusuf Tulus. Mereka menceritakan pengalaman tentang perjuangan saat melaksanakan syuting Youtube Rewind Subang 2020 dan sulitnya membuat konten dan mengembangkan channel mereka masing-masing saat pandemi COVID-19 melanda sejak bulan Maret awal tahun 2020 ini.

“Saya sangat bangga bisa bergabung dalam Youtubers Subang, walaupun baru mengetahui dan bergabung pada tahun 2019, namun di tempat ini saya bertemu banyak youtubers hebat dan bisa belajar langsung sharing-sharing dan collab juga, ditunjuk langsung menjadi Ketua di Youtube Rewind Subang 2020 merupakan hal luar biasa, walaupun memang dengan beban dan tanggung jawab yang berat”, ungkap Yusuf Tulus Ketua Pelaksana Youtube Rewind Subang 2020 dan Subang Youtube Fest 2020.

“Mahakarya”, Yusuf menambahkan satu kata yang tepat yang menggambarkan tentang Youtube Rewind Subang 2020 kali ini.

Selain 4 orang member lama yang menjadi narasumber, dalam segmen 2 talkshow ICING. 4 member baru pun dihadirkan, mereka adalah Mamay, Diana, Cucu Mulyati, dan Shedo Sablenk.

“Banyak waktu, pekerjaan dan urusan keluarga yang saya korbankan untuk Youtube Rewind Subang 2020 ini, dan itu semua harus saya lakukan demi mensukseskan rewind kali ini.” kata Mamay Masruhin yang menjadi aktor utama dalam Youtube Rewind Subang 2020.

Diana menambahkan, walaupun baru 3 bulan ini tergabung dalam dan mengembangkan channel sendiri, namun merasa punya keluarga baru dan banyak teman untuk sharing.

Acara bertambah meriah dengan lagu-lagu dari Arsakha Band yang dipimpin langsung oleh Andan Awaluri yang juga merupakan member youtuberssubang. Single lagu Ibu ciptaan pemuda asli asal Subang ini, dinyanyikan untuk menghibur penonton. RyanHS Band pun ikut meramaikan Live Music dalam acara ini.

Selain musik, pementasan tradisional Debus juga ditampilkan oleh Aral CS yang memiliki kanal youtube dengan konten membahas seputar reptil. Mereka menampilkan aksi debus berbahaya yang hanya bisa dilakukan oleh profesional. Diawali dengan prosesi tradisional dengan wangi-wangian menyan dan dupa yang khas, mereka beraksi mulai dari kebal tubuh, makan beling dan banyak lagi. Hampir seluruh penonton berdiri dan bertepuk tangan karena aksi mereka yang mencengangkan.

Acara semakin meriah dengan pembagian hadiah. Selain ilmu seputar youtube dan hiburan yang didapatkan, member yang sudah memiliki voucher masuk seharga 20.000 rupiah, juga mendapatkan berbagai hadiah menarik yang disponsori oleh Staejek, Kabutmican Kafe, Kolam Renang Ciheuleut, Hotel Nalendra Subang. Hadiahnya berupa alat-alat syuting, voucher berenang gratis hingga voucher menginap gratis.

Kejutan dihadirkan dalam Subang Youtube Fest 2020 ini, yaitu Youtubers Subang Awards 2020. Ada 3 nominasi yang mendapat penghargaan; Nominasi Video Terbanyak, Nominasi Viewers Terbanyak, dan Nominasi Subscriber Terbanyak. Youtuberssubang dengan Video Terbanyak dimenangkan oleh Away AVS dengan jumlah 6.669 video dalam channelnya. Sedangkan Youtuberssubang yang memiliki subscriber dan viewer terbanyak diborong oleh Dede Iherr dengan 180.000 subscribers dan 25.117.700 viewsnya. Mereka mendapatkan plakat penghargaan dan hadiah.

Subang Youtube Fest 2020 ditutup dengan Nobar (Nonton Bareng) Youtube Rewind Subang 2020. Tema pada pada rewind kali ini adalah “UNBREAKABLE US, THE SURVIVORS!” yang artinya kita yang tak terkalahkan dan menjadi orang-orang yang bertahan!. Tema tersebut menjelaskan tentang bagaimana para perjuangan konten kreators membuat setiap video yang dapat menghibur banyak orang ditengah kondisi pelik dalam pandemi COVID-19 di tahun 2020 ini, dan tetap bertahan untuk lebih baik lagi pada tahun 2021 nanti.

“Youtube Rewind Subang 2020 kali ini akan berbeda dari Youtube Rewind Subang pada tahun-tahun sebelumnya, karena kali ini Kita akan banyak menggunakan efek-efek seperti di Hollywood, banyak CGI-nya. Bukan hanya untuk komunitas, tapi jika video rewind ini viral, maka Subang pun akan ikut terkenal,” kata Irwan Ramadhan,editor Youtube Rewind Subang 2020.

Ternyata ungkapan Irwan bukanlah omong kosong belaka. Irwan berhasil merajut dan merangkai footage-footage dan scene-scene yang ditambahkan efek-efek CGI pada Youtube Rewind Subang 2020 ini dan membuat seluruh penonton di ruangan Hall Beater Bean Cafe tercengang dan terkesima dengan hasilnya yang penuh kejutan di beberapa bagian. Banyak yang berteriak karena berdecak kagum hingga bertepuk tangan sambil mengekspresikan kebanggaan dan kegembiraan.

MAHAKARYA, memang itulah kata yang tepat untuk menggambarkan Youtube Rewind Subang 2020.

Bagi yang ingin menonton Youtube Rewind Subang 2020, video akan bisa disaksikan hari ini, Senin, 14 Desember 2020 jam 16.00 WIB. Silahkan kunjungi dan subscibe Kanal Youtube: Youtubers Subang, like FB Page Komunitas Youtubers Subang dan follow IG @youtuberssubang atau klik video dibawah ini: