Patimban Akan Jadi Kota Futuristik, Lengkap dengan Central Park Seperti di New York

KOTASUBANG.com, Subang – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkeinginan menjadikan kawasan Pelabuhan Patimban untuk dikembangkan menjadi kota metropolitan yang canggih menjadi percontohan kota maritim dunia. Hal itu disampaikan emil ketika mengikuti webinar bersama Liputan6.com, Senin (16/11/2020).

Saat ini katanya, Jabar memiliki 2 metropolitan yaitu Jabodetabek dan Bandung raya dan Rebana akan menjadi metropolitan ke tiga di Jawa Barat dimana kota Patimban akan menjadi salah satu kota di dalamnya yang akan dibangun kawasan yang bukan hanya kumpulan pabrik-pabrik namun akan menjaidi kota yang liveable, kota yang hidup menjadi tempat tinggal, bekerja dan berekreasi di satu tempat.

“Kami punya konsep Rebana metropolitan di dalamnya akan ada 13 kota industri baru. Inilah primadona koridor ekonomi Jawa di utara yang akan menbuka 4.3 juta lowongan pekerjaan dengan mengutamakan masyarakat lokal di sana,” ujarnya.

“Patimban kami usulkan didesain sebagai kota, yang akan menjadi yang terbesar dan tercanggih menjadi kawasan furutistik yang di tingali 1 juta penduduk. Inilah visi kota maritim Patimban, 1 dari 3 kota baru di Subang yang akan dibangun,” lanjutnya.

Selain itu pihaknya juga mengaku sudah menyiapkan politeknik maritim bekerjasama dengan Inggris yang mulai dibangun tahun depan, sehingga kedepan warga lokal bisa mumpuni skillnya untuk bekerja di sana.

“Kota Patimban di desain dilengkapi dengan Central park seperti monas atau seperti di New York ada taman besar, ada alun-alun. Kemudian ada zona hunian dan ada zona komersial. ,” kata Emil sambil menunjukkan  video desain kota Patimban.

Kemudian akan ada pula lapangan golf, tempat rekreasi dan gedung pameran produk-produk industri Jawa barat dan Indonesia.

Kang Emil mengungkapkan sebelum kota Patimban dibangun, pada Rabu (18/11/2020) mendatang, dirinya akan melakukan groundbreaking untuk kota Subang Smartpolitan seluas 3.000 ha, yang merupakan satu dari 13 kota baru di kawasan Cirebon, Patimban dan Majalengka (Rebana).

“Ini lah peristiwa bersejarah, bagaimana kawasan Rebana dengan Patimban sebagai primadona lokomotif ekonominya bukan dongeng bukan hal yang sifatnya jauh, tapi sudah dekat. Ini akan groundbreaking 30.000 ha di hari Rabu untuk mengawali semangat pemulihan ekonomi, semangat pusat koridor ekonomi Jawa,” pungkasnya.