Unifest dan DIKA Gelar Webinar Literasi Keuangan di Kalangan Pelajar

KOTASUBANG.com, Subang – Sebuah laporan yang diinisiasi oleh IDN Research Institute pada tahun 2019 menyebutkan hanya 10,7 persen pendapatan millenial yang berhasil ditabung. Mayoritas uang millenial dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan bulanan yaitu 51,1 persen, bahkan yang bisa diinvestasikan hanya 2 persen.

Selain itu, perubahaan sistem pemberian “uang jajan” dari sekolah dasar hingga sekolah menengah dibandingkan dengan sistem “uang bulanan” ketika kuliah menimbulkan Culture Schock yang menyebabkan beberapa mahasiswa baru kesulitan dalam memenuhi kebutuhan bulanannya dan terjebak dalam masalah keuangan. Melihat permasalahan tersebut rasanya sangat penting untuk merunut masalah keuangan yang dihadapi para mahasiswa dan mencari berbagai alternatif solusi.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, University Festival (Unifest) yang merupakan event tahunan mahasiswa asal Subang berkolaborasi dengan Duta Inklusi Keuangan Indonesia (DIKA Indonesia) untuk mengadakan webinar yang bertajuk “Keep Your Wallet in Shape : Financial Education by DIKA Indonesia” .

DIKA Indonesia sendiri merupakan salah satu proyek inisiatif pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Otoritas Jasa Keuangan dan didukung oleh Asian Development Bank yang bertujuan untuk meningkatkan inklusi keuangan nasional.

Webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, (7/10/2020) melalui aplikasi Zoom Meeting. Webinar terdiri dari 2 sesi yaitu Talkshow dan Simulasi membuat perencanaan keuangan bagi pelajar Subang. Facilitator atau pemateri webinar ini merupakan bagian dari DIKA Indonesia yaitu Azqia, Berliana, Syalma dan Najmita yang dimoderatori oleh Ikhram yang juga bagian dari DIKA Indonesia dan Kabid Unifest 2019.

“Webinar dihadiri oleh kurang lebih 75 orang yang terdiri dari siswa SMA dan Mahasiswa asal Subang. Materi yang dijelaskan dalam webinar ini seputar dasar – dasar mengenai perencanaan keuangan dimulai dari mendeteksi pendapatan dan pengeluaran hingga mereview perencanaan keuangan,” kata Ikhram.

Para Facilitator juga mensimulasikan pembuatan perencanaan keuangan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Selain membahas mengenai perencanaan keuangan, webinar ini juga membahas mengenai jenis jenis investasi, Tips menabung dan keamanan konsumen produk keuangan. Webinar berlangsung sangat lancar dan mendapatkan respons positif dari para audience.

“Alhamdulillah setelah saya mengikuti webinar ini saya jadi tau bagaimana perencanaan keuangan yang baik” ujar salah satu audience yang disampaikan melalui form evaluasi.