Kang Jimat : Subang Harus Kembali Menjadi Kabupaten Koperasi

KOTASUBANG.com, Subang – Bupati Subang, H. Ruhimat atau biasa dipanggil Kang Jimat, didampingi Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Selasa (22/9/2020), menghadiri Kegiatan Pembinaan Intensif Koperasi sektor Riil, yang diselenggarakan oleh Dekopinda, di Gedung Dekopinda Subang.

Ketua Dekopinda Kabupaten Subang H. Daeng Makmur Tahir, menyampaikan ada 3 tugas Dekopinda yang harus di emban, diantara nya : melakukan pelatihan Koperasi. Advokasi bimbingan kepada anggota Koperasi dan Mensosialisasikan koperasi dalam perkonomian kita.

H. Daeng menyampaikan, koperasi perlu berperan dalam mensejahterakan masyarakat dan Kabupaten/kota wajib membina koperasi. Dekopinda harus segera membangun dan mengimplementasikan di sektor Riil.

“Koperasi harus gaul, gaul itu adalah kolaborasi, yaitu kerjasama dengan siapa saja yang ingin memajukan perekonomian. Selain kolaborasi harus ada inovasi dan kreatifitas. Dekopinda dalam hal ini menggandeng tenaga professional, menjadi sponsor aplikasi icalan.id. karena itu koperasi di Kabupaten Subang di tahun tahun mendatang harus lebih maju,” ungkapnya.

Sekretaris Dinas Koperasi, Drs. Suwitro dalam laporannya menyampaikan periode tahun 2018, jumlah koperasi ada 1115, jumlah tersebut tersus berkembang hingga menjadi 1287.

DKUPP sesuai peran nya sudah memfasilitasi pembentukan koperasi di desa-desa sebagai solusi dari Bank Emok. Dan saat ini hadir 50 koperasi yang menerima Bantuan desa dan hibah dari Pemkab Subang.

“Pemkab Subang pada tahun ini sudah memberikan hibah ke 6 koperasi. Di anggaran dinas DKUPP, pihaknya bersinergi dengan Dekopinda agar yang mendapatkan bantuan ini bisa dibina, hal ini sesuai dengan fungsi Dekopinda. Pihaknya menghimbau semua pengurus wajib menjadi anggota Dekopinda,” ungkapnya.

Kang Jimat dalam sambutannya menyampaikan atas nama pribadi dan pemerintah Daerah Kabupaten Subang mengucapkan terima kasih kepada Dewan Koperasi Indonesia Kabupaten Subang dan DKUPP Kabupaten Subang yang telah melaksanakan kegiatan pembinaan kepada Koperasi yang baru terbentuk beberapa waktu lalu, sebagai kolaborasi yang sangat baik dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Subang melalui koperasi.

Dirinya sangat mengapresiasi masyarakat yang bergabung untuk membentuk koperasi. suatu badan usaha bersama, dari anggota untuk anggota dalam rangka kesejahteraan anggota. Gemaskop (gerakan masyarakat sadar koperasi) harus tumbuh di kabupaten Subang.

“Koperasi sangat berperan penting dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia, termasuk di Kabupaten Subang. Pada saat krisis ekonomi tahun 1998, terbukti Koperasi menjadi penyelamat ekonomi, dan kini kita sedang menghadapi resesi ekonomi karena pandemi, kita harus bangkit dari keterpurukan. Saya yakin, Insya Allah, koperasi dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan secara otomatis perekonomian negara akan terdongkrak,” ujar Bupati.

Kang Jimat mengatakan Kabupaten Subang harus menjadi kabupaten Koperasi, yang pernah kita sandang pada tahun 90-an. Kang Jimat berharap 25% penduduk dewasa di desa menjadi anggota koperasi dan tentunya masyarakat lebih produktif, melalui usaha perdagangan, pertanian, ekonomi kreatif maupun jasa.

Kang Jimat mendorong supaya koperasi bisa beradaptasi dengan kondisi yang serba digital. serba cepat dan harus bersaing secara sehat melalui jejaring internet untuk memasarkan setiap produk anggota sampai go internasional.

“Saatnya UMKM dan Koperasi Go digital, dengan aplikasi Icalan.id, Solusi lengkap digitalisasi UMKM dan Koperasi,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut kepala Dinas Koperasi UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Subang yang di wakili Sekretaris Dinas Koperasi. Jajaran pengurus Dekopinda