Sedang Viral !, Nongkrong di Saung Legok Peuteuy Desa Cisalak

KOTASUBANG.com, Subang – Legok Peuteuy merupakan salah satu kawasan di desa Cisalak, Kecamatan Cisalak. Memiliki pemandangan yang indah dengan latar belakang hamparan sawah, gunung Canggah dan pegunungan lainnya di selatan Subang, menjadikan legok Peuteuy ini kerap dijadikan tempat beristirahat warga sekitar.

Melihat potensi tersebut, Kepala Desa Cisalak bersama warga desa kemudian menyulap kawasan tersebut menjadi lebih menarik. Setiap RW di desa Cisalak membangun saung-saung khas sunda dengan bentuk yang menarik di lokasi tersebut, sehingga mengundang wisatawan untuk berkunjung ke desa Cisalak.

Legok Peuteuy, Desa Cisalak denagn latarbelakang pesawahan dan gunung Canggah

Dibuka sejak Agustus lalu, kini Legok Peuteuy mulai banyak di kunjungi. Bentuk saung-saungnya yang khas dengan ornamen-ornamennya yang unik sangat menarik dijadikan latar belakang untuk berfoto. Apalagi ketika malam hari, kerlap-kerlip lampu menambah indah sekaligus membuat suasana lebih meriah.

Kepala Desa Cisalak, Ujang Samdi mengatakan, selain sebagai spot wisata untuk menikmati keindahan alam dan suasana desa, lokasi ini juga bernilai edukasi.

“Di sini pengunjung bisa sambil belajar atau pengetahuan mengenai bentuk-bentuk arsitektur sunda, seperti yang ditampilkan dengan berbagai bentuk saung di sini,” ujarnya.

Bentuk-bentuk saung di Legok Peuteuy menampilkan bentuk arsitektur bangunan sunda seperti julang ngapak, tagog anjing, jolopong, dan lainnya. Selain dibangun saung-saung kecil, di lokasi tersebut kini juga tengah dibangun saung yang lebih besar yang rencananya akan dijadikan sebagai tempat pertemuan.

Di sana warga sekitar juga menyediakan kuliner khas yang dinamakan Liwet Samakbruk, yang merupakan campuran berbgaai bentuk olahan nasi di campur lauk pauk seperti ayam dan ikan.

Liwet Samakbruk