Bupati Subang Lepas Ekspor 20 Ton Arang ke Timur Tengah

KOTASUBANG.com, Subang – Bupati Subang, Haji Ruhimat, hari Rabu pagi (16/9/2020), menghadiri pepelasan ekspor arang produksi UMKM di Desa Cisaat, Kecamatan Ciater Subang.

UMKM yang memproduksi arang ini sudah mulai merintis produksi arang sejak beberapa tahun lalu. Melalui PLUT KUMKM Subang UMKM arang ini kemudian di fasilitasi untuk juga menjadi binaan PT Dahana.

Kang Jimat dalam sambutannya merasa bangga, walaupun di tengah pandemi covid-19, tidak menghalangi proses ekspor hasil karya UMKM di Subang yaitu berupa arang ke Negara Arab saudi.

“20 ton arang yang akan di ekspor kali ini bukanlah jumlah yang sedikit. Dan ini merupakan sebuah prestasi bagi UMKM yang bisa menembus pasar ekspor,” ujarnya.

Kang Jimat atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada UMKM yang terus produktif di tengah kondisi pandemi, dengan suka duka yang dihadapi tentunya, namun terus menjalani usaha dengan tekun.

Kang Jimat berharap, ketekunan dan kegigihan yang dicontohkan oleh Tono Pirmansyah dan rekan UMKM di desa Cisaat yang memproduksi arang dapat diikuti oleh UMKM lainnya.

“Saya sangat mendukung UMKM yang kreatif, inovatif dan berorientasi ekspor. Saya mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam rangka mensukseskan UMKM di kabupaten Subang,” ungkapnya.

Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi DAHANA seperti terungkap dalam sambutan Asmorohadi pada saat pelepasan ekspor. Asmorohadi merasa gembira karena pelaku UMKM Subang kembali mencatatkan sejarah, produknya bisa diserap pasar internasional setelah sebelumnya pada 21 Februari 2020, mitra binaan DAHANA yang bergerak di bidang handycraft mengekspor produknya ke Jerman.

“Kabar gembira tentunya di tengah situasi pandemik UMKM Subang masih bisa melaksanakan ekspor. Sebagaimana kita ketahui, dampak pandemik ini melumpuhkan banyak sektor usaha. Banyak usaha-usaha yang tiarap bahkan gulung tikar. Alhamdulillah, dari Desa Cisaat ini memunculkan harapan dan contoh bagi UMKM lain untuk terus berprestasi dimasa pandemik,” ujar Asmorohadi.

Sementara itu, pelaku usaha pembuatan arang Tono Pirmansyah mengatakan bahwa selain di ekspor ke Timur Tengah, arang produksinya juga di ekspor ke Tiongkok. Dirinya mengapresiasi respon dari Bupati Subang terhadap produksi arang ini.

“Saya berharap terus adanya sinergitas dari pemerintah daerah maupun pusat untuk peengembangan produksi arang ini,” katanya.