Kunjungi Gunungtua Farm, Wabup Ajak Masyarakat Subang Bercocok Tanam

KOTASUBANG.com, Subang – Wakil Bupati Subang melakukan kunjungan ke kantor Desa Gunungtua Kecamatan Cijambe sekaligus untuk meninjau green house Gunungtua Farm Dusun Blenong Kecamatan Cijambe, Senin (14/9/20).

Green house Gunungtua farm menyediakan berbagai macam tanaman sayuran hidroponik diantaranya pakcoy, romen, keil, lolorosa dan salada keriting.

Kang Akur sapaan Agus Masykur dalam kunjungan tersebut didampingi oleh Kades Gunungtua Carmo dan diterima oleh pengurus green house Gunungtua farm langsung meninjau lokasi pembibitan, penanaman dan meninjau tanaman yang siap pemanenan bahkan ikut memetik sayuran yang dipanen.

Pengelola Gunungtua farm menginformasikan bahwa sayuran yang dikembangkan oleh Gunungtua farm menggunakan media tanam hidroponik yang sangat fresh dan higienis serta bebas pektisida sehingga baik dan sehat bila dikonsumsi

Green house Gunungtua farm belum lama dibangun namun hasil produk hasil pertanian terutama sayuran yang dikembangkan disana terbilang cukup banyak dan mampu memenuhi pesanan yang sebagian besar dikirim ke Bogor dan sebagian untuk kebutuhan wilayah Subang yang diantaranya disalurkan ke beberapa rumah makan, rest area dan hotel yang ada di Subang.

Dalam seminggu mampu panen sampai 3 kali dan setiap panennya akan mencapai 60-100 kg sesuai dengan pesanan para pelanggan terutama yang dari Bogor.

Diharapkan kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi dengan akan dilakukan perluasan lahan pertanian sayur seperti lahan untuk tomat.

Pemasaran kedepannya diharapkan mampu merambah ke pasar-pasar yang ada di Subang.

“Satu hal yang positif bahwa ditengah pandemi covid kita kuat dalam ketahanan pangan”, imbuh Kang Akur.

Selain itu Kang Akur mengajak masyarakat untuk bercocok tanam dengan hidroponik yang tidak membutuhkan banyak lahan karena bercocok tanam dengan hidroponik menjadi salah satu cara untuk ketahanan pangan Indonesia. Di Gunungtua farm pengunjung bisa belajar edukasi bercocok tanam secara langsung dengan prakteknya.