Gubernur Resmi Buka MTQ ke-36 Tingkat Jabar di Subang

KOTASUBANG.com, Subang – MTQ XXXVI tingkat di Kabupaten resmi dibuka Jumat malam (4/9/2020) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Berbeda dari biasanya penyelenggaraan MTQ kali ini diselenggarakan secara sederhana di tengah pandemi .

Subang H. dalam sambutannya mengungkapkan kebanggaannya setelah puluhan tahun, akhirnya Kabupaten Subang ditunjuk menjadi tuan rumah kegiatan ini.

mudah-mudahan tak mengurangi maknanya untuk membumikan Alquran.

“Kegiatan MTQ tingkat Jawa Barat merupakan ajang merajut Ukhuwah Islamiyah, momen penting dalam mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Selamat datang kepada para kafilah di Kabupaten Subang, semoga seluruh peserta merasa nyaman,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sambutannya mengungkapkan, penyelengaraan MTQ kali ini merupakan yang paling sederhana dihelat.

“Jangan-jangan Covid ini memberikan hikmah bahwa hidup itu secukupnya saja, yang gebyar-gebyar itu mungkin terlalu berlebihan. Jangan-jangan dengan digelar secara sederhana kualitas kompetisinya malah makin baik,” ungkapnya.

Hikmah kedua menurut Kang Emil MTQ ini adalah semangat kompetisi.

“Mari perkuat semangat kompetisi dalam hal kebaikan. Kalau menang jangan jumawa, kalau kalah harus instrospeksi,” ujarnya.

Gelaran MTQ ke-36 di Kabupaten Subang akan dilaksanakan 3-11 September 2020. Sebanyak 1058 peserta, 150 official, 168 dewan hakim, dan 150 panitia provinsi diharuskan mengikuti test swab terlebih dahulu sebelum mengikuti jalannya acara. Sama halnya dengan panitia lokal, yang juga akan menjalani tes swab sebelum mengatur jalannya acara. 13 venue yang tersebar di Kecamatan Subang akan disiapkan sesuai dengan standar protokol Covid-19.