Makan Nasi Timbel Ala Subang, Makin Enak Sambalnya Makin Digemari

KOTASUBANG.com, Subang – Subang, mungkin bisa berjuluk kota Timbel. Bagaimana tidak, kuliner ini dengan mudah di temui di seputaran kota Subang, mulai dari kaki lima, restoran, hingga di hotel berbintang. Hal ini, mungkin jarang di temui, termasuk di kota-kota tetangga seperti Karawang, Purwakarta, Bandung atau kota lainnya di Jawa Barat.

Nasi Timbel sepertinya sudah menjadi keseharian bagi warga kota Subang, lihat saja para pedagang timbel pada pagi hari dan siang hari, pasti di padati penggemarnya. Pelanggannya, mulai dari tukang becak, PNS sampai pegawai swasta.

Di kaki lima, para pedangang timbel Subang biasanya menjajakan dagangannya menggunakan gerobak dorong dan mangkal di bawah pohon rindang di pinggir jalan. Ada puluhan pedagang timbel seperti ini di seputaran kota Subang. Meskipun demikian, ternyata tidak semuanya pedagang gerobak timbel merupakan warga asli Subang, sebagian juga merupakan pendatang seperti dari Tasikmalaya.

Menu nasi timbel ala Subang sebenarnya cukup sederhana, cuma nasi timbel dilengkapi lauk pauk biasa seperti ayam atau ikan goreng, orek tempe, tahu dan gorengan serta beberapa menu khas kampung lainnya. Cukup dengan uang Rp. 10 ribu, kita bisa makan kenyang makan nasi timbel plus lauk pauk.

Namun, satu hal yang membedakan satu pedagang timbel dengan yang lainnya adalah sambalnya. Semakin enak sambal yang disajikan maka pelanggan tukang timbel akan semakin banyak. Biasanya pedagang timbel menyiapkan 2 jenis sambal, yaitu sambal dadak dengan rawit hijau dan sambal goreng tomat. Pelanggan boleh memilih jenis sambal mana yang disukai.

Salah satu pedagang timbel yang banyak digemari pelanggan adalah timbel “Telkom”, yang berada di depan kantor Telkom jalan pejuang 45, Subang. Meski tempat makannya cuma di pinggir trotoar, namun pedagang Timbel ini selalu dipenuhi pelanggannya ketika waktu sarapan maupun makan siang.

Setiap hari pedagang timbel ini mampu menghabiskan 50 kg beras dengan jam operasional mulai pukul 8 pagi hingga 14 sore saja.

Berikut Video salah satu pedagang timbel yang banyak digemari pelanggannya ;