Buka Jalan Baru Antara 2 Kecamatan, TMMD ke-108 di Subang Sukses Dilaksanakan

KOTASUBANG.com, Subang – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 Tahun 2020 di Kabupaten Subang resmi ditutup. Penutupan program TTMMD tersebut dipusatkan di Aula Kecamatan Serangpanjang. Hadir dalam kesempatan tersebut Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto S.IP. MM, Komandan Korem 063 Sunan Gunung Jati (SGJ) Cirebon, Kolonel Inf. Elkines Villando Dewangga Kusumawide, Bupati Subang H. Ruhimat dan Dandim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono beserta jajarannya.

Bupati Subang dalam sambutannya mengungkapkan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pelaksanaan TMMD 108, kepada jajaran Pangdam 3 Siliwangi, Korem 063 Sunan Gunung jati, dan Kodim 0605 Subang yang memberikan dampak positif bagi kemajuan kabupaten Subang.

“Atas nama pribadi dan mewakili pemerintah daerah Kabupaten Subang mengucapkan terima kasih, kepada jajaran TNI Angkatan Darat atas kerjasama dan kolaborasi yang dibangun dalam rangka membangun desa dengan hasil yang memuaskan,” ujarnya.

Pembangunan fisik maupun nonfisik yang menjadi sasaran TMMD sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh masyarakat khususnya masyarakat serangpanjang dan Kalijati.

Kang Jimat yakin jalan yang dibangun oleh TMMD ke-103 akan menjadi warisan terbaik bagi generasi kita selanjutnya dan dapat mengukir sejarah pembangunan di kabupaten Subang.

“Karena membuka akses jalan kemudahan untuk kelancaran aktivitas masyarakat, bahkan membuka akses 2 desa yang selama ini terisolir menjadi prestasi yang membanggakan bagi kita semua,” ungkapnya.

Selanjutnya kegiatan pembangunan rutilahu serta kegiatan lainnya yang termasuk di dalam rangkaian program TMMD telah memberikan kebahagiaan bagi masyarakat kabupaten Subang.

Dandim 0605 Subang dalam paparannya menyatakan kegiatan TMMD ini sudah dilaksanakan 100 persen dan berjalan sukses. Terkait hasil pekerjaan dengan dana yang tersedia telah mendapat apresiasi dari Kementrian PUPR, yang mana hasil pekerjaan telah over prestasi, artinya kualitas hasil pekerjaan sangat baik.

Dirinya juga menyampaikan proses pelaksanaan TMMD di publikasikan oleh media regional dan nasional, 7 media elektronik, 3 media cetak, 38 media online. Selama pelaksanaan TMMD, Satgas juga menyelenggarakan kegiatan lomba jurnalistik yang diselenggarakan bekerjasama dengan Dispenad.

Pangdam III Siliwangi, dalam arahannya menyampaikan keberhasilan TMMD ini merupakan manifestasi keberhasilan TNI, pemerintah dan masyarakat yang saling bahu membahu tolong menolong dalam membangun desa. Dengan akan ditutupnya TMMD, yang secara serentak di Kodim Garut, Sukabumi, Subang dan Cilegon Banten diharapkan dapat memberikan manfaat yang seluas luasnya.

Pangdam menyampaikan terimakasih kepada unsur Forkompinda Subang beserta anggota satgas, Yang telah bersama sama mendukung pelaksanaan TMMD yang dimulai sejak 30 Juni 2020 yang lalu. Kepada Dansatgas TMMD, Pangdam berpesan ntuk mengadakan evaluasi terhadap kekurangan yang ada. Kekurangan tersebut diharapkan tidak di temukan lagi pada pelaksanaan yang akan datang. Segera lakukan pertanggungjawaban secara baik dan transparan.

Selepas Arahan Pangdam III Siwliwangi, kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi TMMD. Kegiatan di tutup dengan peninjauan bukit Jimat Siliwangi dan peninjauan Rutilahu. Dalam kunjungan di Bukit Jimat Pangdam III menanam pohon Jabon bersama Bupati Subang.