Gandeng 15 Kementerian, Ratusan Hektar Lahan di Subang akan Ditanami Komoditas Pertanian Unggulan

KOTASUBANG.com, Subang – Bupati Subang H. Ruhimat hari Kamis pagi, (30/7/2020) melakukan peninjauan lahan-lahan perkebunan di wilayah Kabupaten Subang, yang rencananya akan dikelola untuk pengembangan beberapa komoditas pertanian.

Kegiatan peninjauan ini terkait dengan kegiatan rapat koordinasi dalam rangka konsolidasi dan pengembangan UMKM lintas sektor kementerian lembaga dengan stakeholder di wilayah Kabupaten Subang, yang dihadiri 15 Kementerian dan Lembaga terkait lainnya yang dilaksanakan sehari sebelumnya.

Dalam mengembangkan komoditas dalam skala ekonomi yang besar, diharapkan para pengelola lahan bisa bergabung dalam sebuah koperasi. Dengan cara ini maka nantinya hasil produksi dari para petani atau UMKM di Kabupaten Subang bisa memenuhi skala industri dan bernilai ekonomi tinggi. Apabila hal itu dilakukan maka dipastikan secara bertahap kesejahteraan para UMKM dan petani di wilayah tersebut bisa terangkat.

Lokasi pertama yang dikunjungi dengan luas areal 24 hektar yang rencananya akan dimanfaatkan untuk pengembangan komoditas jagung. Di lokasi ke dua, Kang Jimat meninjau blok lahan seluas 36 hektar yang diproyeksikan untuk penanaman pohon tembakau. Terkait komoditas tembakau, dialokasikan total seluas 185 hektar dari total 500 hektar.

Kang Jimat menutup kegiatan peninjauan dengan berkunjung ke Kantor RNI PT. PG Rajawali II, PG Subang Rayon Manyingsal bersama jajaran.

Dalam kegiatan peninjauan tersebut, Kang Jimat didampingi Direktur Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB), Perwakilan Kementrian Sosial, Perwakilan ATR BPN, perwakilan kementrian dan lembaga, Kepala Bank BJB Cabang Subang, Perwakilan SesmenkopUKM, Asda 1, Setda Subang, Kepala Dinas PUPR, Sekretaris DKUPP, Sekretaris Dinas Pertanian dan pejabat dari dinas terkait.