Kasus Positif Covid-19 di Subang Kembali Bertambah jadi 71 Kasus

KOTASUBANG.com, Subang – Jumlah kasus positif Covid-19 di Subang kembali bertambah, Jumat siang (10/7/2020) tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Subang mencatat ada 4 penambahan kasus, dan sore hari dilaporkan tambahan 2 kasu positif Covid-19 lainnya, sehingga jumlah total kasus positif Covid-19 menjadi 71 orang.

“Penambahan kasus positif tersebut hasil Test Swab di Lapas Kelas 2 Subang yang dilaksanakan selama beberapa hari ini. Dari jumlah 2.500 yang akan dites swab, 159 orang telah diswab, yang baru keluar hasilnya 120 orang.  3 orang ini berasal dari pegawai lapas Subang dan 1 orang dari Kecamatan Purwadadi dari hasil tes swab pekan jabar beberapa waktu lalu,”ungkap Jubir TGTPP Covid-19 Subang, dr.Maxi dalam konperensi persnya di Kantor BPBD Subang, Jln.Ks Tubun Subang.

Dijelaskan dr. Maxi, 3 pegawai Lapas Subang yang positif Covid- 19 tersebut akan di isolasi secara mandiri.

“Kita sudah berkordinasi dengan Lapas Subang dan memutuskan ketiga pegawai lapas Subang tersebut akan di isolasi mandiri di lingkungan Lapas,”jelasnya.

Ia mengapresiasi pihak Lapas Subang yang telah bekerjasama dan berkoordinasi  dengan gugus tugas untuk meminta pelaksanaan tes swab kembali. Terutama menyasar bagi mereka yang Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Dengan tes Swab adalah langkah yang baik untuk melakukan deteksi dini di tempat kerja, sehingga dengan diketahuinya adanya potensi resiko berarti Kalapas ini sudah menyelamatkan banyak orang dari penularan yang secara diam-diam,”ujarnya.

Sementara itu Kalapas Subang Kusnali mengatakan kasus positif Covid 19 berasal dari Orang Tanpa Gejala (OTG) yang sudah diambil swab oleh TGTPP Covid-19 Subang.

“Ketiga pegawai lapas tersebut akan kita isolasi secara mandiri dan dipantau terus oleh tim kesehatan dari TGTPP COVID-19 Subang” ucapnya

Kalapas berharap kasus positif ini mudah-mudahan tidak tidak bertambah.

“Semoga tak bertambah dan bisa semoga dalam 14 hari kedepan bisa sembuh,”harapnya.

Sementara itu tambahan 2 kasus positif lainnya merupakan PDP yang hasil tesnya menunjukkan positif Covid-19.

Dalam waktu dekat ini, kata dr.Maxi, pihaknya akan melanjutkan program tes Swab massal tersebut yang akan menyasar berbagai titik, mulai dari pertokoan dan perusahaan.

“Kita akan susun dulu jadwalnya. Ini juga berkaitan kesiapan Balai Veteriner Wera Subang untuk melaksanakan uji lab tes swabnya. Namun kita pastikan bisa secepatnya,”pungkasnya.

Adapun update Pasien dalam pengawasan (PDP) di Subang, dari 85 orang selesai 83 orang, 69 sembuh, 14 meninggal dunia,dan dua orang masih dalam perawatan.

Untuk orang dalam pemantauan (ODP) dari 6.089 yang telah selesai 6.073. Yang masih dalam pemantauan 16 orang.