Jabar Catat Rekor Terburuk, Hari Ini Penambahan Positif Covid-19 Hampir 1000 Kasus

KOTASUBANG.com, Subang –  Jawa Barat hari ini, Kamis (9/7/2020) mencatatkan rekor terburuk peningkatan kasus positif Covid-19 dalam 1 hari, yaitu sebanyak 962 kasus. Rekor penambahan kasus positif Covid-19 ini lebih tinggi dari lonjakan tertinggi selama ini yaitu pada 4 Mei 2020, yang mencapai 196 kasus dan penambahan 177 kasus pada 20 Mei 2020.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar, Daud Achmad, mengatakan angka penambahan kasus positif Covid-19 tersebut, katanya, menjadi yang tertinggi sejak kasus pertama Covid-19 muncul di Jabar.

Juru Bicara Presiden untuk Penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto menjabarkan tambahan kasus tersebut berasal dari satu kluster besar.

“Penambahan yang cukup banyak untuk provinsi Jawa Barat didapatkan dari kluster yang sudah selesai kita lakukan penyelidikan epidemiologi, yaitu klaster di Secapa TNI AD, Bandung,” katanya.

Gubernur Ridwan Kamil melalui media sosialnya membenarkan hal tersebut. Dirinya mengatakan lonjakan positif Covid-19 ini didominasi dari kluster institusi kenegaraan.

“Jabar hari ini mengupdate 962 kasus yg mayoritas datang dari kluster institusi kenegaraan. Karena berada di satu titik, secara teknis bisa dilokalisir dan memudahkan karantina. Gugus Tugas sedang lakukan tracing-testing kepada keluarga dan warga di sekitar lokasi,” ujarnya.

Selanjutnya, melihat fenomena ini, Kang Emil mengajak warga Jawa Barat untuk lebih meningkatkan disiplin dalam pencegahan Covid-19.

“Mari semua warga, jaga protokol covid dengan disiplin dimanapun kita berada, karena perang dengan covid ini masih jauh dari usai,” tegasnya.

Sementara itu hingga hari ini, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Subang menacapi 65 orang, dimana 46 diantaranya dinyatakan sembuh, 16 masih diisolasi dan 3 meninggal dunia.