Hidden Paradise di Subang, Mata Air Cimutan yang Tersembunyi

KOTASUBANG.com, Subang – Kabupaten Subang memang kaya dengan potensi wisata alam. Selain curug, potensi wisata alam lainnya yang ada di kabupaten Subang adalah sumber-sumber mata air. Salah satu sumber mata air alami yang kini mulai banyak dikunjungi adalah sumber mata air Cimutan di desa Cisaat, Kecamatan Ciater.

Air jernih yang mengalir dari sumber mata air di bawah rimbunnya pohon bambu dialirkan ke kolam-kolam kecil di sekitar sumber mata air tersebut. Para pengunjung bisa bermain-main air di beberapa kolam tersebut. Kolamnya tak terlalu dalam, berkisar 50-160 cm saja.

Jika berkunjung ke sini jangan lupa membawa kamera bawah air untuk berfoto di dalam kolam yang jernih. Tanaman air yang tumbuh di dalam kolam akan menambah keindahan foto bawah air. Suasana sekitar kolam juga tampak asri dengan rimbuan pepohonan. Letaknya yang tersembunyi di pinggiran kampung dengan rimbunan pohon membuat mata iai ini seperti hidden paradise.

Selain jernih, tentu saja mata air ini menyegarkan bagi siapapun yang berenang di sana. Apalagi di cuaca panas terik musim kemarau, kesegaran airnya bikin wisatawan enggan beranjak.

Di lokasi tersebut sudah terdapat fasilitas sederhana, seperti saung tempat istirahat, toilte dan kamar ganti serta warung kecil. Sehingga pengunjung bisa menikmati kesegaran mata air sambil menikmati secangkir kopi di warung.

Meskipun berada di desa Cisaat, untuk saat ini akses menuju lokasi ini lebih cepat diakses dari desa Curugrendeng, kecamatan Ciater. Untuk tiket masuk, saat ini pengelola memungut karcis Rp. 10.000,-.