Aksi Tolak RUU HIP di Tugu Benteng Pancasila Subang

KOTASUBANG.com, Subang – Aksi penolakan terhadap rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) terus berlanjut di berbagai daerah. Di Subang, Sabtu (4/7/2020) puluhan massa dari organisasi Islam dan komunitas di Kabupaten Subang melakukan aksi penolakan terhadap RUU HIP di tugu Benteng Pancasila, Alun-Alun Subang.

Seperti dikutip dari galamedia.com mereka mereka menolak rumusan RUU tersebut karena dianggap banyak kejanggalan apalagi harus dirubah kembali Pancasila menjadi Trisila dan Ekasila. Mereka menyuarakan penolakan tersebut ditandai dengan membubuhkan tanda tangan di baligo oleh masing masing perwakilan.

Salah satu orator pada aksi tersebut H. Keli mengungkapkan mereka menuntut dengan tegas kepada DPR untuk menghentikan pembahasan. Mereka meminta supaya DPR lebih memperhatikan peraturan yang membuat rakyat produktif dan sejahtera.

“Yang harusnya dipikirkan bagaimana (DPR) membuat lapangan-lapangan pekerjaan meningkatkan ekonomi,” ungkap H. Keli.

Koordinator aksi, Dadhe Alfat mengatakan, aksi dan deklarasi penolakan RUU HIP di Subang merupakan aksi simpati untuk mengawal maklumat MUI oleh masyarakat Subang.

“Aksi kita bukan  aksi satu organisasi tapi aksi bersama rakyat Subang dalam lintas ormas dan komunitas dalam menolak RUU HIP,” jelasnya.

Acara berlangsung dengan lancar dengan pengawalan dari pihak Polres Subang dan pengunjuk aksi pun tetap memperhatikan protokol kesehatan. Panitia  membagikan masker kepada peserta yang tidak memakai masker dan usai acara tim sapu bersih sampah dari Komunitas Muslim Bikers Indonesia – Kombi Subang sigap membersihkan sisa sampah yang tercecer.