Bupati Subang dan Dandim 0605 Tinjau TMMD ke-108 dari Bukit Jimat Siliwangi

KOTASUBANG.com, Subang – Selepas membuka secara resmi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 108 tahun 2020 di gedung Serbaguna Kecamatan Serangpanjang, Bupati Subang H. Ruhimat, Wakil Bupati Subang Agus Masykur, Dandim 0605 Subang Letkol Arh. Edi Maryono, Ketua DPRD, Narca Sukandar melaksanakan peninjauan ke lokasi TMMD.

Sasaran program TMMD Ke-108 di Kodim 0605/Subang, yaitu pembangunan pembukaan jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Serangpanjang dengan Kalijati, dengan panjang 8 KM, lebar 20 meter, dengan kontur jalan yang menerobos perbukitan.

Kang Jimat saat melaksanakan peninjauan ke ujung jalan program TMMD mengaku bangga dan sangat berterima kasih kepada warga yang merelakan lahan serta BUMN termasuk jajaran TNI yang bekerja keras dan mampu melaksanakan berbagai kegiatan di masa pandemi Covid-19.

“Apalagi dengan adanya jalan ini, jika sudah selesai tidak perlu lagi pelebaran jalan setidaknya hingga 100 tahun. Dengan adanya jalan ini, bisa menjadi jalan alternatif terlebih bila interchange Jalan Tol Cipali dari Pabuaran sudah dibuka dan dari interchage Kalijati bisa melewati jalan ini sehingga tidak perlu menggunakan jalur Subang Kota,” katanya.

Dandim 0605 Subang Letkol Arh. Edi Maryono mengatakan, kegiatan TMMD menyasar dua hal yaitu fisik dan non fisik.

Sasaran fisik berupa pembangunan infrastuktur, Pembukaan jalan baru menghubungkan Kecamatan Cipendeuy dengan Serangpanjang sejauh 8,5 Km, dan pembangunan rumah tidak layak huni (rutilahu).

“Sasaran pembangunan fisik yakni pembangunan berupa pembukaan jalan lintas provinsi, yang menghubungkan Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang dengan Desa Banggalamulya sepanjang 8,5 KM, lebar 20 meter, dan pembuatan parit kanan-kiri jalan sepanjang 8,5 km sebagai sasaran pokok kegiatan TMMD Ke-108” ujar Dandim.

Dandim menyampaikan pihaknya juga sudah melaksanakan pembangunan jalar lingkar Jalancagak sepanjang 2 Km dan berbarengan dengan kegiatan inipun pelebaran jalan Darmaga hingga Cupunagara sepanjang 8 Km.

Dalam kegiatan peninjauan tersebut, ada yang menarik yaitu ujung jalan program TMMD ke-108 diberi nama Bukit Jimat Siliwangi. Kang Jimat beserta rombongan selain meninjau lokasi juga berswafoto di lokasi bukit Jimat Siliwangi, mengingat pemandangan di atas bukit tersebut cukup menarik.